
Yamaha R15
Ternyata Kawat Juga Wajib Buat Motor Balap, Buat Apa Ya?

- Berkaitan dengan faktor keselamatan.
- Wajib terpasang di beberapa komponen motor.
Kegiatan trackday, fun race, sampai balap jadi hal menyenangkan untuk mereka yang senang memacu adrenalin dan sepeda motor kesayangannya di tempat yang aman.
Namun sebelum memasuki sirkuit, sebaiknya perlu melakukan beberapa ubahan pada sepeda motor agar layak dan aman saat dipacu di sirkuit.
Seperti melepas beragam komponen mika dan kaca agar pecahan tidak menyebar di sirkuit ketika motor jatuh.
Hal lain yang bisa dilakukan ternyata dengan memasang kawat di beberapa bagian motor.
Meski terlihat sepele ternyata penggunaan kawat pada motor pacuan balap ini punya peran cukup penting.
Bahkan saking pentingnya, penggunaan kawat atau biasa dikenal wire lock ini sampai tertulis di buku regulasi balap.
Dengan begitu wire lock ini jadi salah satu komponen yang wajib terpasang.
Wajib Terpasang

Di beberapa regulasi balap tertulis kalau wire lock ini wajib dipasang di beberapa komponen seperti as roda, kaliper, dipstick oli, baut buangan oli, filter oli mesin, dan slang radiator.
Baca juga: Yamaha Indonesia Masih Ekspor Mesin Moge, Buat Tenere Sampai XSR 700!
Lantas apa tujuan wajibnya wire lock terpasang di komponen tersebut? Ternyata tujuannya untuk faktor keamanan para pembalap selama jalannya balap.
Pasalnya jika dipstick oli, baut buangan oli, filter oli mesin, dan slang radiator kendor bahkan sampai terlepas saat balap, maka oli dan cairan radiator bisa tumpah ke lintasan.

Dengan begitu lintasan akan menjadi licin karena ban akan melindas oli, akibatnya bisa menyebabkan kecelakaan cukup parah bagi para pembalap.
Begitu pula untuk as roda dan kaliper kalau sampai kendur maka akibatnya fatal, pembalap bisa langsung terjatuh karena roda lepas.
Atau bahkan roda mengunci karena kaliper lepas dan mengganjal di sela-sela pelek atau cakram. Waduh!

Penguat Tambahan
Wire lock ini selain wajib untuk beberapa komponen di atas ternyata juga kerap digunakan di beberapa komponen lain.

Baca juga: Lagi Naik Daun, Segini Harga dan Cicilan Yamaha MX King 150 di Solo
Seperti penggunaan wire lock di handgrip, ini bukan tanpa sebab karena mengikat handgrip dengan wire lock akan membuat handgrip yang kendur menjadi kencang kembali.
Dengan begitu handgrip tidak mudah melorot atau berputar selama balap yang mana akan mengganggu kinerja pembalap.

Komponen lain yang bisa menggunakan bantuan wire lock ini adalah knalpot.
Meski sudah dibaut di bracketnya tapi ada kemungkinan baut pengencangnya kendur akibat getaran mesin selama balap berlangsung.
Untuk itu wire lock bisa digunakan untuk menjadi penguat tambahan pada silencer knalpot yang terpasang di bracket knalpot.
Sehingga baut pengencang yang kendur tidak akan membuat knalpot langsung lepas akibat masih tertahan oleh wire lock.
Ternyata penting juga ya!
Merek Motor Terkenal di Indonesia
Berita Terkini
Bisa Matic dan Manual, Begini Cara Kerja Transmisi AMT QJ SRV 250
Ini 8 Motor Matic Dengan Harga Setara Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid
Trend Knalpot Motor Berbahan Titanium Motor, Seberapa Bagus?
Zeneos Ionity: Ban Motor Dua Genre Resmi Dijual!
Panaskan Persaingan, Ofero Rilis 3 Sepeda Listrik Canggih!
Motor Rekomendasi
- Populer
- Terbaru
-
Honda ADV...
Rp 36,00 Juta - Rp 39,25 Juta
-
Honda Beat
Rp 18,43 Juta - Rp 19,30 Juta
-
Honda PCX
Rp 29,84 Juta - Rp 43,29 Juta
-
Yamaha Nmax
Rp 32,18 Juta - Rp 36,30 Juta
-
Yamaha YZF...
Rp 36,08 Juta
-
Aprilia Tuareg...
Rp 65,60 Juta
-
Yamaha Nmax
Rp 32,18 Juta - Rp 36,30 Juta
-
CFMoto 250...
Belum Tersedia
-
Segway E200P
Belum Tersedia
-
Alva One
Rp 3,50 Juta