
Suzuki Gixxer SF 250
Suzuki Gixxer SF 250 2022 Lebih Mahal Dari Kawasaki Ninja 250SL, Apa Saja Keunggulannya?
Suzuki Gixxer SF 250 2022 datang sebagai pemain baru di segmen motor sport 250 cc. Dengan rancangan mesinnya, motor ini layak ditarungkan dengan Kawasaki Ninja 250SL atau Ninja RR Mono. Namun perlu diketahui pula, Suzuki Gixxer SF 250 2022 dijual lebih mahal dari kompetitornya tersebut. Lantas apa yang menjadi keunggulannya?
Desain Lebih Segar Dari Kawasaki Ninja RR Mono
Suzuki Gixxer SF 250 2022 pantas ditilik lantaran memberikan nuansa baru, khususnya di segmen sport 250 cc satu silinder. Desain yang ditawarkan jelas lebih segar ketimbang Kawasaki Ninja RR Mono.

Desain Suzuki Gixxer SF 2022 cukup atletis dan agresif. Disebut pihak pabrikan, motor ini mewarisi DNA Suzuki GSX-R, namun dipadukan pula dengan konspe touring ala Suzuki Hayabusa alias Suzuki GSX 1300R.
Fitur Suzuki Gixxer SF 250 2022
Selain itu, fitur Suzuki Gixxer SF 250 2022 juga lebih komplet. Mulai dari sistem penerangan, dagangan baru Suzuki Indonesia mengandalkan sistem penerangan utama dan belakang LED.
Bukan semata modern, desainnya pun lebih kekinian dibanding motor buatan Kawasaki Ninja RR Mono. Sementara pada sang rival, lampu utamanya masih berupa bohlam saja.
Namun Kawasaki Ninja RR Mono dapat mengimbangi Gixxer SF 250 lantaran memiliki panel instrumen full digital. Akan tetapi, suguhan dari motor Suzuki jelas lebih kekinian dibanding kepunyaan Kawasaki Ninja RR Mono.

Baca juga: Suzuki Gixxer SF 250 2022 Dirilis, Harga Rp 49 jutaan Siap Tantang Kawasaki Ninja 250 FI
Suzuki Gixxer SF 250 2022 juga telah dilengkapi sistem pengereman ABS (antilock braking system). Bukan satu, sensor untuk meminimalisir gejala ban terkunci miliknya sudah terdapat di kedua roda (depan-belakang). Ini jelas bertolak belakang dengan Kawasaki Ninja RR Mono yang tidak berpelengkap ABS.
Posisi Berkendara Suzuki Gixxer SF 250 2022 Lebih Nyaman
Saat pamer perdana di GIIAS 2021, kami sempat mencoba posisi berkendara Suzuki Gixxer SF 250 2022. Meski cukup kental dirancang dengan jok bertingkat (split seat, posisi foot step di belakang mesin dan setang jepit, motor ini rasanya lebih nyaman dan ramah untuk perjalanan jarak jauh.
Posisi setang jepitnya lumayan lebar dan tak kepalang rendah. Pada akhirnya membuat posisi badan kala berkendara tak kepalang membungkuk. Hal ini tentu tidak Anda dapatkan pada Kawasaki Ninja RR Mono. Jangankan touring, untuk penggunaan dalam kota pun rasanya membuat pundak lebih cepat pegal.
Baca juga: Tengok Spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 2022, Motor Sport Touring Buat Yang Mau Beda
Bobot Suzuki Gixxer SF 250 2022 10 Kg Lebih Berat
Memang tidak dipungkiri, Suzuki Gixxer SF 250 2022 punya dimensi lebih besar. Menilik dari spesifikasinya, total ukuran motor baru Suzuki adalah 2.010 x 740 x 1.035 mm (P x L x T). Perancangan ini terpaut lumayan banyak dengan Kawasaki Ninja RR Mono yang berukuran masing-masing 1.935 x 685 x 1.075 mm.
Dan, kenyataannya pula Kawasaki Ninja RR Mono punya bobot lebih ringan. Berdasarkan spesifikasi, motor geng hijau hanya memiliki berat 151 kg saja. Angka tersebut terpaut 10 kg karena Suzuki Gixxer SF 250 2022 dengan hasil timbangan 161 kg.
Siapa Paling Unggul Dalam Hal Performa?
Suzuki Gixxer 250 ini menggunakan mesin piston tunggal. Spesifikasinya 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli yang disebut SOCS (Suzuki Oil Cooling System).

Baca juga: Menakar Rivalitas Suzuki Gixxer SF 250 2022, Menggoda buat Pasar Indonesia?
Mesin tersebut berkarakter overbore dengan diameter piston 76 mm dan langkah piston 54,9 mm. Kapasitas mesin murninya mencapai 249 cc, dengan output tenaga maksimum 26,5 PS pada 9.300 rpm dengan torsi 22,2 Nm diputaran 7.300 rpm.
Tipikal mesin overbore sejatinya pun ditemui pada Kawasaki Ninja RR Mono. Mesin satu silinder berkapasitas 249 cc darinya, memiliki bore x stroke: 72 x 61,2 mm. Tapi, tenaga yang dihasilkannya mencapai 28 PS @9.700 rpm. Sementara torsi puncak tercatat 22,6 Nm pada putaran 8.200 rpm.
Artinya, Kawasaki Ninja RR Mono unggul dari sisi performa dengan keunggulan 1,5 PS dan 0,4 Nm. Optimasi juga didapat pembeli Kawasaki Ninja RR Mono lantaran sudah tersedia assist and slipper clutch pada bagian girboks.
Kesimpulan
Berdasarkan lima pembahasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa Suzuki Gixxer SF 250 2022 bisa Anda pilih jika ingin mendapatkan motor sport dengan tampang yang lebih fresh. Modernitas juga dimiliki berkat adanya sistem penerangan LED, panel meter serta rem ABS.

Baca juga: Intip Skema Kredit Suzuki Gixxer SF 250 2022, Siapkan DP Mulai Rp5 Juta
Namun dalam hal performa, Kawasaki Ninja RR Mono lebih responsif dengan bobot yang lebih enteng 10 kg dari Suzuki Gixxer SF 250 2022. Di atas kertas, hal tersebut bahkan terlihat dari keterpautan output yang diberikan oleh Kawasaki Ninja RR Mono.
Dengan keunggulan performanya tadi, Anda juga bisa membeli Kawasaki Ninja RR Mono dengan harga Rp35,9 juta saja. Nominal itu terpaut lumayan jauh dari Suzuki Gixxer SF 250 yang dipatok Rp49,3 juta.
Spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 2022 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L x T | 2.010 x 740 x 1.035 mm | ||
Sumbu Roda | 1.345 mm | ||
Jarak Terendah | 165 mm | ||
Tinggi Jok | 800 mm | ||
Kapasitas Tangki | 12 liter | ||
Berat Isi | 161 kg | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, SOCS | ||
Kapasitas | 249 cc | ||
Diameter x Langkah | 76 x 54,9 mm | ||
Suplai Bahan Bakar | Injeksi | ||
Transmisi | Manual 6 speed | ||
Tenaga Maksimal | 26,5 PS @ 9.300 rpm | ||
Torsi Maksimal | 22,2 Nm @ 7.300 rpm | ||
Kaki-Kaki | |||
Suspensi Depan | Teleskopik | ||
Suspensi Belakang | Monosok | ||
Ban Depan | 110/70-17 | ||
Ban Belakang | 150/60-17 | ||
Rem Depan | Cakram, ABS | ||
Rem Belakang | Cakram, ABS |
Spesifikasi Kawasaki Ninja 250SL | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | DOHC, 4 katup, pendingin cairan, 4-tak satu silinder | |
Kapasitas Mesin |
249 cc |
|
Diameter x Langkah |
72.0 x 61.2 mm |
|
Rasio Kompresi |
11.3:1 |
|
Tenaga Maksimal |
28 PS @9.700 rpm |
|
Torsi Maksimal | 22,6 Nm @8.200 rpm | |
Sistem Pengabutan bahan bakar | Fuel Injection | |
Transmisi | 6 percepatan | |
Dimensi | 1.935 mm x 685 mm x 1.075 mm | |
Jarak Poros Roda | 1.330 mm | |
Ketinggia Jok | 780 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 165 mm | |
Suspensi Depan | Teleskopik 37 mm | |
Suspensi Belakang |
Single, Uni-Trak |
|
Roda Depan | 100/80-17 M/C 52S | |
Roda Belakang |
130/70-17 M/C 62H |
|
Rem Depan | 290 mm disc | |
Rem Belakang | 220 mm disc | |
Berat | 151 kg | |
Kapasitas Bahan Bakar |
11 liter |
Merek Motor Terkenal di Indonesia
Berita Terkini
Bisa Matic dan Manual, Begini Cara Kerja Transmisi AMT QJ SRV 250
Ini 8 Motor Matic Dengan Harga Setara Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid
Trend Knalpot Motor Berbahan Titanium Motor, Seberapa Bagus?
Zeneos Ionity: Ban Motor Dua Genre Resmi Dijual!
Panaskan Persaingan, Ofero Rilis 3 Sepeda Listrik Canggih!
Motor Rekomendasi
- Populer
- Terbaru
-
Honda ADV...
Rp 36,00 Juta - Rp 39,25 Juta
-
Honda Beat
Rp 18,43 Juta - Rp 19,30 Juta
-
Honda PCX
Rp 29,84 Juta - Rp 43,29 Juta
-
Yamaha Nmax
Rp 32,18 Juta - Rp 36,30 Juta
-
Yamaha YZF...
Rp 36,08 Juta
-
Aprilia Tuareg...
Rp 65,60 Juta
-
Yamaha Nmax
Rp 32,18 Juta - Rp 36,30 Juta
-
CFMoto 250...
Belum Tersedia
-
Segway E200P
Belum Tersedia
-
Alva One
Rp 3,50 Juta