Selisih Rp 20 juta, Ini Beda Kawasaki Z900 Standar dan Z900 SE

Fariz · Mar 15, 2025 08:23 AM
Motor besar baru dari Kawasaki Indonesia, Kawasaki Z900 Sugomi.
  • Banyak upgrade di varian SE.
  • Dibekali mesin 948 cc 4 silinder segaris.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja mengumumkan dan menjual varian motor besar barunya dalam 2 tipe sekaligus dengan harga yang cukup mengejutkan.

Yaitu New Kawasaki Z900 yang dijual dengan harga Rp 199,900 juta on the road Jakarta dan New Kawasaki Z900 SE di harga Rp 219,900 juta on the road Jakarta.

Terdapat selisih harga mencapai Rp 20 juta diantara kedua varian ini, lantas apa saja perbedaan untuk tipe SE ini? Mari kita ulas.

Grafis dan Warna

Hal pertama yang mencirikan perbedaan dari kedua varian ini bisa dilihat dari penggunaan warna dasar dan grafis atau stripping berbeda.

Baca juga: Murah, Kawasaki Rilis Z900 Terbaru Tak Sampai Rp 200 Juta!

Z900 standar tampil gahar.

Untuk tipe standar menggunakan warna Metallic Matte Graphene Steel Gray / Metallic Flat Spark Black / Candy Flat Blazed Green Kawasaki.

Tipe ini menggunakan kombinasi warna gelap dengan finishing matte atau doff yang membuatnya terkesan gahar.

Sedangkan tipe SE menggunakan warna Metallic Graphite Gray / Ebony dengan finishing glossy, warna pelek dan rangka pun dibuat senada menggunakan warna hijau khas Kawasaki.

Suspensi Kawasaki Z900

Selanjutnya bisa dilihat perbedaaan dari penggunaan suspensi, untuk depan tetap pakai upside down dari Showa namun tabungnya menggunakan warna anodize emas sehingga terlihat lebih sporty.

Bahkan setelan suspensi depan lebih lengkap seperti adanya preload, compression, dan rebound yang bisa diatur sesuai karakter penggunanya.

Baca juga: Selisih Rp 6,6 juta, Apa Beda Kawasaki W230 dan Meguro S1?

Suspensi Öhlins pada varian SE dengan hydraulic preload adjuster. 

Suspensi belakang dengan konstruksi horizontal back-link pada varian SE juga berbeda, karena menggunakan Öhlins yang sudah teruji di berbagai kejuaraan balap.

Monoshock ini sudah dilengkapi juga dengan hydraulic preload adjuster agar mudah dalam mengatur preload.

Kalau melihat di beberapa situs marketplace harga monoshock ini berkisar di angka Rp 16-20 juta. Wow!

Perangkat Rem

Perbedaan selanjutnya ada pada perangkat rem depan, tipe standar menggunakan perangkat rem Nissin dengan master rem model axial serta slang rem karet.

Beda dengan varian SE yang tampil lebih mewah karena sudah menggunakan master rem Nissin radial, dikombinasi kaliper Brembo M4.32 monobloc yang tersambung melalui slang rem model braided atau rajut.

Baca juga: Jajal Kawasaki W230 dan Meguro S1, Rp 70 Jutaan Layak Dipinang?

Penggunaan cakram dan kaliper Brembo pada varian SE.

Tidak sampai di situ, cakram depannya juga berbeda karena tipe SE menggunakan cakram ø300 mm Brembo by Fujico untuk membuat performa remnya kian maksimal.

Sedangkan untuk rem belakang kedua tipe ini tidak ada perbedaan, tetap menggunakan kaliper Nissin 2 piston dengan slang rem karet dan cakram ø250 mm.

Jok

Secara desain busa dan tinggi jok keduanya masih sama, punya tinggi jok 810 mm dengan desain lebar di sisi belakang dan tirus di depan agar paha pengendara tidak terganjal ketika menapak.

Tipe standar menggunakan kulit jok tanpa jahitan dengan tekstur, pada tipe SE menggunakan kulit jok kombinasi tekstur sehingga tampak lebih eye catcy.

Power Outlet

Terakhir pada varian SE ada tambahan fitur power outlet yang letaknya cukup ngumpet, karena berada di balik visor atau di belakang spidometer.

Baca juga: Monoshock Sultan Kawasaki Ninja 150 RR Tembus Belasan Juta, Apa Keunggulannya?

Jok kombinasi 2 kulit bikin tampilan tipe SE lebih menarik.

Power outlet ini menggunakan soket model USB Type-C, tentunya bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone selama perjalanan.

Selebihnya kedua tipe ini cukup serupa, seperti bentuk bodi yang lebih ramping dan garis desain yang tegas untuk memperkuat konsep Sugomi.

Lalu ada shroud aluminium dengan logo “Z” dan lebih sedikit komponen plastik menambah kesan mewah dan sporty. 

Tangki bahan bakar yang elegan dan tail cowl yang lebih pendek dengan desain lampu belakang LED modern baru semakin mempertegas kesan motor yang ringan dan juga gesit. 

Baca juga: Kawasaki KLX Series Dilepas Mulai Rp 33 Jutaan Per Januari 2025

Power outlet tie USB type-C pada varian SE untuk mengisi daya smartphone.

Mesin Kawasaki Z900

Di sektor mesin Kawasaki Z900 dilengkapi dengan mesin 948 cc In-Line Four yang memberikan tenaga kuat dengan respons cepat pada setiap putaran throttle. 

Mesin dengan rasio kompresi 11,8:1 ini klaimnya punya tenaga maksimal 125 ps pada 9.500 rpm dan torsi maksimal 98,6 Nm di 7.700 rpm.

Tidak lupa ada penyematan fitur Kawasaki Quick Shifter (KQS) yang mempermudah perpindahan gigi tanpa jeda selama berakselerasi maupun deselerasi.

Di bagian instrumen, kedua motor ini dilengkapi dengan TFT Display yang lebih besar dan canggih, memberikan tampilan informasi yang jelas dan mudah dibaca. 

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25RR KRT Edition Terbaru Dikenalkan, Harga Rp 133 Jutaan

Kaliper Nissin dan slang rem karet pada tipe standar.

Versi terbaru aplikasi Rideology yang juga tersedia di Z900 dan Z900 SE dilengkapi dengan fitur voice command feature yang memudahkan pengendara mengontrol aplikasi tanpa menggunakan tangan.

Aplikasi ini memfasilitasi pengendara untuk menghubungkan motor dengan ponsel, memantau aktivitas penting, dan menikmati navigasi turn-by-turn langsung di layar. 

Untuk kenyamanan berkendara jarak jauh, Z900 dan Z900 SE juga dilengkapi dengan fitur Cruise Control.

Fitur ini mempermudah pengendara mengatur kecepatan tanpa harus terus-menerus menahan gas, memberikan kenyamanan lebih saat melaju di jalan yang panjang.

Michael C. Tanadhi, Dept. Head of Sales & Promotion Kawasaki Indonesia mengatakan, peluncuran Kawasaki Z900 dan Z900 SE adalah langkah besar kami untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih seru dan inovatif.

Dengan konsep desain Sugomi yang menonjolkan tampilan agresif dan harga yang bersaing, kami juga menerapkan sistem harga dinamis, di mana harga kedua model ini akan berubah berdasarkan kuota pembeli tercepat.

Baca juga: Dilepas Rp 400 Jutaan, Kawasaki Versys 1100 Resmi Dijual

Master rem radial pada varian SE akan berikan performa rem yang lebih optimal.

“Ini memberi kesempatan bagi konsumen untuk mendapatkan motor impian mereka dengan harga terbaik. Kami berharap Z900 dan Z900 SE dapat memenuhi ekspektasi para pengendara motor Big bike di Indonesia,” paparnya.

Honda
Yamaha
Vespa
Benelli
KTM
Kawasaki
Suzuki
Ducati
Cleveland CycleWerks
Aprilia
Bajaj
BF Goodrich