
Vespa Elettrica
Resmi Dijual, Begini Rasanya Mengendarai Vespa Elettrica

- Bobot motor 130 kg.
- Pakai dinamo dengan gir rasio.
- Pakai basis Vespa Primavera.
Setelah kerap kali ditanyakan kapan PT Piaggio Indonesia (PID) menjual motor listrik Vespa Elettrica, akhirnya motor itu rilis belum lama ini.
Dikenalkan tepat sehari sebelum pembukaan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023.
Masyarakat pun bisa melihat unitnya langsung sekaligus mencobanya pada pameran otomotif yang berlangsung di ICE, BSD City, hingga 20 Agustus mendatang.
Secara tampilan pastinya kalian gak akan asing dengan sosok motor ini, karena basisnya mencomot Vespa Primavera.

Cirinya tentu saja memiliki lampu depan bulat, dan sudah LED. Bodi depan tegap hanya saja dengan list bodi dan list dasi warna biru.
Begitu pula lekuk dek area pijakan kaki, hingga tepong alias bodi belakang yang menggembung sebagai ciri khasnya.
Baca juga : Ini 5 Hal Unik Vespa Elettrica yang Dilepas Rp 198 Juta
Namun jika diperhatikan secara fisik tetap ada beda, misalnya tak ada standar samping pada motor ini.
Kemudian pelek belakang jadi lebih terekspos karena absennya knalpot, sebagai komponen pelepas gas buang pada versi bensin.
Yang berbeda lagi adalah area belakang sisi kiri motor, yang mana tak ada lagi komponen CVT seperti halnya pada versi bensin.

Gantinya adalah lengan ayun tunggal yang diberi cover agar terlihat lebih tebal, sekaligus untuk melindungi kabel.
Kabel tadi terhubung dari area VMS (vehicle management system), menuju motor penggerak.
Tipe penggeraknya sendiri bukan mid drive atau hub. Untuk penyaluran tenaga menuju roda belakang masih pakai gigi rasio.
Komponen baterainya sendiri tertanam di bawah bagasi. Ya di bawah bagasi, bukan di bawah jok ya.
Sehingga area bagasi pun terhitung besar untuk sebuah ukuran motor listrik, karena masih bisa menampung sebuah helm open face standar Vespa.
Baca juga : Intip Spek Vespa Elettrica, Pakai Baterai Tanam, Torsi Puncak 200 Nm!

Jika bagasi diangkat, barulah terlihat baterai LG Chem yang memiliki bobot 25 kg, sehingga total berat motor 130 kg.
Nah karena bobotnya yang lumayan berat, kira-kira seperti apa handlingnya? Kemudian bagaimana respon atau akselerasi dari motor ini?
Jawabannya bisa kalian cari tahu pada video di bawah ini ya. Selamat menonton dan jangan lupa subscribe!
Spesifikasi Vespa Elettrica 2023 | ||
---|---|---|
Tenaga maksimal mesin listrik | 4 kW | |
Tenaga mesin listrik | 3,6 kW | |
Torsi maksimal mesin listrik | 200 Nm (On wheel) | |
Voltase baterai | 48,1 V | |
Kapasitas baterai | 86,4 Ah | |
Tenaga baterai | 4,2 kWh | |
Cell baterai | LG Chem | |
Pengisian baterai | 4-8 jam | |
Umur baterai | 1.000 cycles | |
Kecepatan maksimal | 67-70 km/jam (Power Mode), 40 km/jam (ECO Mode) | |
Berat baterai | 25 kg | |
Ban depan | 110/70-12 | |
Ban belakang | 120/70-11 | |
Rem depan | Cakram Ø200 mm, with CBS | |
Rem belakang | Tromol Ø140 mm, with CBS | |
Panjang sumbu roda | 1.350 mm | |
P x L x T | 1.870 mm x 735 mm x 1.150 mm | |
Tinggi jok | 790 mm | |
Berat isi | 130 kg (Dengan baterai) |
Merek Motor Terkenal di Indonesia
Berita Terkini
Bisa Matic dan Manual, Begini Cara Kerja Transmisi AMT QJ SRV 250
Ini 8 Motor Matic Dengan Harga Setara Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid
Trend Knalpot Motor Berbahan Titanium Motor, Seberapa Bagus?
Zeneos Ionity: Ban Motor Dua Genre Resmi Dijual!
Panaskan Persaingan, Ofero Rilis 3 Sepeda Listrik Canggih!
Motor Rekomendasi
- Populer
- Terbaru
-
Honda ADV...
Rp 36,00 Juta - Rp 39,25 Juta
-
Honda Beat
Rp 18,43 Juta - Rp 19,30 Juta
-
Honda PCX
Rp 29,84 Juta - Rp 43,29 Juta
-
Yamaha Nmax
Rp 32,18 Juta - Rp 36,30 Juta
-
Yamaha YZF...
Rp 36,08 Juta
-
Aprilia Tuareg...
Rp 65,60 Juta
-
Yamaha Nmax
Rp 32,18 Juta - Rp 36,30 Juta
-
CFMoto 250...
Belum Tersedia
-
Segway E200P
Belum Tersedia
-
Alva One
Rp 3,50 Juta