
Viar Vortex
Berbagai Kelebihan dan Fitur yang Ditawarkan Viar Vortex, Layak Untuk Dimiliki Siapapun
Overview
Pada 17 Juni 2017 motor Viar Vortex secara resmi diluncurkan sebagai motor Touring. Motor touring ini merupakan motor buatan pabrik dari Taiwan dengan membawa sejumlah fitur teknologi canggih untuk menunjang kenyamanan maupun keselamatan bagi para penumpangnya. Viar Vortex memiliki tampilan yang terbilang cukup menarik dan terkesan gagah.
Sebenarnya varian ini dipersiapkan bagi para biker yang ingin mengupgrade kemampuannya ke versi touring, dan market tersebut memang lumayan banyak di Indonesia. Performanya mesinnya juga tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat motor touring ini telah dibekali dapur pacu berupa mesin bertipe SOHC 4 langkah yang berkapasitas 249 cc. Dengan bekalan mesin ini dipastikan Viar Vortex ini akan mampu melesat dengan dengan cepat.
Saat ini motor Viar Vortex dibanderol dengan harga sakitar Rp.44.650.000 OTR Jakarta, dan telah tersedia dengan 2 pilihan warna yakni merah (red) dan silver (abu-abu). Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan harga motor sport touring Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki. Jika kita melihat dari segi kualitasnya sendiri, motor Viar Vortex ini tidak jauh beda dengan motor-motor tersebut. Apalagi Viar Vortex juga menggunakan mesin 4 tak berkapasitas 250cc, sehingga motor sport ini mampu melepaskan tenaga maksimum yang cukup besar.
Desain Viar Vortex
Viar Vortex memiliki desain yang sporty dan gagah, yang mana cocok untuk digunakan untuk touring, dan untuk pada bagian depan motor ini juga terdapat fitur body yang nampak seperti paruh burung sehingga mampu memberikan kesan gahar pada motor tersebut.
Selain itu dengan ukuran motor yang cukup tinggi akan membuat motor Viar Vortex ini menjadi lebih mudah dalam melewati rintangan kondisi jalan yang terjal maupun bergelombang. Untuk headlamp proyektor sudah dilengkapi dengan lampu sein di mana keduanya sudah menggunakan teknologi LED untuk memberikan penerangan yang maksimal ketika berkendara di waktu malam hari.
Viar Vortex juga telah dilengkapi dengan pannier atau 3 box samping sebagai tempat yang cukup fungsional untuk membawa barang bawaan saat touring. Itu menjadi salah satu kelebihan tersendiri motor ini. Desain tangkinya juga tidak kalah keren dan berpadu sempurna dengan fairing depan yang terlihat gambot dan lebih berisi.
Di sisi depannya ada windshield cembung yang cukup tinggi untuk menahan atau menghambat terpaan angin kecang ke badan pengendara secara langsung. Motor ini tinggi joknya hanya 795 mm, di mana terbilang rendah untuk tipe dual purpose. Joknya pun cukup datar dan lebar. Namun, karakter busanya agak kurang empuk, sehingga kurang nyaman jika berkendara dalam waktu yang lama.
Pengendaraan dan Handling Viar Vortex
Handlingnya pun sangat baik dan terasa ringan dan ketika berkelok-kelok. Sebenarnya motor ini berkonsep dual purpose, yang mana itu bisa melewati medan on road dan light off road, tapi karakter kedua suspensinya lebih cenderung ke on road, karena upside down depan berdiameter as 37 mm tidak terlalu panjang, jadi bottoming atau mentok saat melewati jalan yang bergelombang, dan redamannya pun masih terasa kurang nyaman dan terasa keras.
Saat duduk, kedua kaki juga bisa menapak dengan mudah dengan lutut yang menekuk berakibat pegal jika berkendara terlalu lama, karena joknya yang rendah, dan jarak dengan footstep cukup dekat. Selain itu, setangnya juga lebar dan punya posisi yang agak tinggi, sehingga lengan dan pundak lebih sigap dan terasa rileks saat berkendara dengan motor Viar Vortex ini.
Untuk suspensi depan Viar Vortex sudah up side down yang dikombinasikan dengan velg jari-jari yang mempertegas kelas baru di market touring. Walaupun melewati halangan kecil seperti lubang di jalanan dan jalan rusak, tetapi itu hampir tidak terasa goncangan yang parah akibat melintasinya.
Performa mesin dan BBM Viar Vortex
Soal performa mesinnya terbilang mumpuni, meskipun merasakan betis panas, saat menemuhi beberapa titik kemacetan. Akan tetapi temperatur mesin terlihat turun satu strip saat kami tarik full throttle. Derungan mesinnya cenderung berisik, saat bekerja keras pada rpm tinggi di tikungan tajam dan menikuk.
titik puncak torsi bisa mencapai angka 22.5 Nm per putaran ke 7000 rpm. Tentu saja, dengan besaran tenaga tersebut maka dipastikan bahwa motor touring ini dikenal cukup gahar dan tangguh dalam menguasai berbagai medan. Di samping itu, sistem pembakaran Fuel Injection yang siap membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien.
Pengereman dan Keamanan
Untuk sistem pengeremannya sendiri masih terasa kurang mantap yang menggunakan cakram 262 mm dengan kaliper 2 piston, tapi rasanya tidak terlalu pakem. Suspensi belakangnya pun tidak ada bottoming, justru seperti compression yang terlalu tinggi sehingga suspensi tidak terlalu luwes. Namun, untungnya masih ada setelan preload dan rebound.
Untuk Akselerasi terbialng masih cukup baik. Saat melakkan pengetesan menggunakan Racelogic, kecepatan 0-60 km/jam ditempuh dalam waktu 3,5 detik dan 0-100 km/jam 6,7 detik saja. Jarak 0-201 meter diraih dengan waktu 10,5 detik di kecepatan 104,4 km/jam. Sedangkan top speed di spidometernya sampai 132 km/jam.
Spesifikasi lengkap Viar Vortex
Dimensi
Dimensi | ||
---|---|---|
Panjang | 2130 mm | |
Lebar | 868 mm | |
Tinggi | 1260 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1400 mm | |
Jarak Terendah Ke Tanah | 210 mm | |
Berat Bersih | 163 Kg | |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 15 Liter |
Rangka
Rangka | ||
---|---|---|
Tipe Rangka | – – – | |
Suspensi Depan | Upside Down | |
Suspensi Belakang | Monoshock | |
Rem Depan | Disc Brake | |
Rem Belakang | Disc Brake | |
Sistem Pengereman | – – – | |
Ban Depan | 100/90-18 | |
Ban Belakang | 130/70-17 |
Mesin
Mesin | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 4 Langkah SOHC Water Cooler Radiator | |
Kapasitas Mesin | 249 cc | |
Silinder | – – – | |
Diameter x Langkah | 77 x 53.6 mm | |
Perbandingan Kompresi | – – – | |
Tenaga Maksimal | 18.5 Kw/9000 Rpm | |
Torsi Maksimal | 22.5 Nm/7000 Rpm | |
Tipe Transmisi | 6 Kecepatan | |
Tipe Starter | Electric | |
Sistem Bahan Bakar | Karburator | |
Bahan Bakar | Bensin |
Fitur Viar Vortex
Tak hanya sekedar memiliki desain yang menarik dan performa mesin yang gahar saja, melainkan fitur-fitur canggih dan fungsional yang dibawa Viar Vortex pun juga menjadi kelebihan sendiriyang ditawarkan bagi pengendara.
Lampu depan jauh atau dekatnya sudah menggunakan LED. Kemudian bagian lampu depan juga telah dilengkapi DRL, dipadukan dengan windshield sebagai pelindung pengemudi Viar Vortex dari terpaan angin dari arah depan sehingga akan memberikan kondisi berkendara yang lebih nyaman santai dan stabil.
Pada samping kanan Viar Vortex terdapat berupa port USB dan disamping kiri berupa port Lighter 12V 5A. terlihat semakin lengkap dengan dua pilihan port untuk mengisi baterai smartphone saat berkendara. Viar Vortex juga memiliki mudguard yang berguna untuk melindungi roda belakang. Sedangkan untuk bagian samping dilindungi Crash Bar yang berfungsi untuk mencegah body rusak atau lecet saat motor terjatuh.
Selain itu, untuk bagian pannier box yang dikombinasikan dengan mud guard. Posisi ridingnya juga terasa cukup nyaman, posisi duduk yang empuk bikin Anda betah berkendara dalam waktu yang lama sekalipun, dan pada bagian dashboard juga telah dilengkapi dengan instrumen indikator yang mengkombinasikan speedometer modern yang memadukan panel meter digital dan analog.
Kelebihan Viar Vortex
1. Memiliki desain menawan dan gahar
2. Performa mesinnya pun terbilang cukup tangguh
3. Desain lampu depan telah mengadopsi gaya BMW dan menggunakan dual fender atas dan bawah yang menjadikan identitas tersendiri bagi Viar Vortex
4. Bagian stang mengadopsi gaya fat bar, dengan diameter stang yang sedikit lebih besar dari motor lainnya
5. Pada bagian tachometer sudah dengan tampilan digital, hanya bagian indikator RPM saja yang masih mengadopsi gaya klasik.
6. Konsumsi BBMnya cukup lumayan untuk motor 250 cc, dengan siklus gabungan antara jalur kota, dan berkelok dengan tanjakan dan turunan yang curam terbilang irit
7. Harga relatif murah jika dibandingkan dengan harga motor sport touring lainnya
8. Kedua rodanya memakai ban tubeless
Kekurangan Viar Vortex
1. Belum tersedia fitur sistem pengereman ABS
2. Mapping ECU di motor ini terasa kurang pas, karena jika gas digantung mesin ‘brebet’. Hal ini bisa mengganggu pendengaran serta kenyamanan berkendara. Selain itu, suara knalpotnya juga memang agank keras atau nyaring seperti model bobokan.
3. Panas leher knalpot yang sangat terasa di area tulang kering kaki kanan, karena lehernya membelok lewat sisi kanan blok mesin seperti motor trail. Jika didesain lewat bawah mesin, mungkin akan berasa lebih nyaman.
4. Kapasitas bagasi tak seluas Nmax ataupun Aerox
Kesimpulan
Secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa spesifikasi Viar Vortex pada sektor eksteriornya ini memang terbilang sudah cukup menarik dan sanggup memikat para konsumen, dan dengan adanya fitur-fitur canggih yang ditawarkannya motor ini terlihat begitu mewah dengan segala kelebihannya, Dari sektor performa mesin, kinerja suspensinya juga luar biasa bikin rider tersa nyaman dan lincah saat melewati jalan yag berkelok-kelok dengan melewati jalanan yang bergelombang. Motor ini ini memang cocok sekali untuk touring. Rasanya seperti motor yang menggunakan suspensi travel panjang yang redamannya pun minim terasa di badan dan stabil.
Merek Motor Terkenal di Indonesia
Berita Terkini
Bisa Matic dan Manual, Begini Cara Kerja Transmisi AMT QJ SRV 250
Ini 8 Motor Matic Dengan Harga Setara Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid
Trend Knalpot Motor Berbahan Titanium Motor, Seberapa Bagus?
Zeneos Ionity: Ban Motor Dua Genre Resmi Dijual!
Panaskan Persaingan, Ofero Rilis 3 Sepeda Listrik Canggih!
Motor Rekomendasi
- Populer
- Terbaru
-
Honda ADV...
Rp 36,00 Juta - Rp 39,25 Juta
-
Honda Beat
Rp 18,43 Juta - Rp 19,30 Juta
-
Honda PCX
Rp 29,84 Juta - Rp 43,29 Juta
-
Yamaha Nmax
Rp 32,18 Juta - Rp 36,30 Juta
-
Yamaha YZF...
Rp 36,08 Juta
-
Aprilia Tuareg...
Rp 65,60 Juta
-
Yamaha Nmax
Rp 32,18 Juta - Rp 36,30 Juta
-
CFMoto 250...
Belum Tersedia
-
Segway E200P
Belum Tersedia
-
Alva One
Rp 3,50 Juta