
Honda PCX160
Adu Tipe Termurah, Pilih Honda PCX 160 atau Yamaha NMax 155?

- Honda PCX 160 termurah ada tipe CBS.
- Yamaha NMax Neo Version jadi yang terjangkau.
- Dilengkapi fitur paling standar di masih-masing model.
Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155 kerap dibanding-bandingkan, karena keduanya memiliki body gambot dan sama-sama matic kelas premium.
Bahkan Honda PCX 160 baru mengalami penyegaran sehingga jadi lebih keren dibandingkan model sebelumnya.
Selain itu, PCX 160 terbaru jugakini harganya sampai Rp 40 jutaan. Tapi itu untuk menebus PCX 160 tipe ABS RoadSync alias paling tinggi dan harganya lebih murah dari Yamaha NMax termahal yang mencapai Rp 45,4 juta.
Baca juga: Kenali 3 Tipe Honda PCX 160 2025, Masih Ada yang Rp 33 Jutaan!
Lalu bagaimana dengan PCX 160 termurah, apakah harganya masih bisa bersaing dengan dengan NMax yang juga tipe termurah?
Honda PCX 160 VS Yamaha NMax 155

Ya, Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155 memang kerap dibanding-bandingkan, karena harganya pun saling bersaing.
Untuk pasar Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen pemegang merek sejatinya menawarkan PCX 160 dengan tiga varian, yaitu PCX 160 CBS sebagai tipe termurah, ABS tipe menengah dan ABS Roadsync.
Sementara Yamaha, variannya ada lima yang termurah mulai dari tipe Neo Version, Neo S Version, lalu selanjutnya ada tipe Turbo, Turbo Tech Max dan termahal Turbo Tech Max Ultimate.
Baca juga: Masih 155 Cc, Ini Beda Mesin Yamaha NMax Neo dan Nmax Gen 2
Jika Anda ingin mengetahui bagaimana spesifikasi dan harga tipe termurah, lihat ulasannya di bawah ini.
Perbandingan Harga
Jika melihat harganya, meski sama-sama termurah, maka Yamaha NMax Neo Version memang terjangkau dengan selisih Rp 895.000 lebih murah dibandingkan PCX 160 CBS.
Berikut perbandingan harganya:
- Honda PCX 160 CBS Rp 33.750.000
- Yamaha NMax Neo Version Rp 32.855.000
Dengan perbedaan harga tersebut, lantas bagaimana fitur dan spesifikasi kedua motor matic tersebut. Berikut uraiannya.
Honda PCX 160 CBS

PCX 160 termurah memiliki nama CBS yang merupakan singkatan dari Combi Brake System.
Pada dasarnya, tipe CBS terbaru ini ubahannya sangat minor, sehingga tidak terlalu signifikan dari model sebelumnya.
Untuk pembeda utama yaitu penyematan teknologi pada pengereman, yang masih menggunakan CBS.
Ya, pengereman CBS memadukan kinerja rem depan dan belakang bersamaan dengan menarik tuas rem belakang saja.
Selain itu, kaliper rem depan memiliki 3 buah piston, sehingga terlihat lebih besar.

PCX 160 CBS sudah dilengkapi panel meter full digital, serta Smart Key System untuk menyalakan mesin.
Motor matic ini juga menggunakan lampu sudah full LED dan update power outlet USB Type-C.
Tidak hanya itu, PCX 160 CBS pada bagian velg berwarna hitam dengan logo emblem PCX 160 berkelir Silver.
Varian termurah ini hadir dengan pilihan warna Exceptional Black, Exceptional White, Exceptional Matte Silver, dan Exceptional Red.
Yamaha NMax 155 Neo Version

Untuk Yamaha NMax Neo Version sekilas memang terlihat sama, dengan varian lainnya.
Namun sejatinya, NMax Neo version hanya dilengkapi fitur terbaru berupa Y-Connect dan Electric Power Outlet.
Adapun fitur Y-Connect yang dapat dilihat dari layar panel digital, dimana fitur ini dapat memberikan notifikasi pesan dan telepon.

Selebihnya memiliki fitur yang sama dengan lainnya, menggunakan rear sub-tank suspension, hingga Start & Stop system.
NMax Neo Version hadir dengan empat pilihan warna, yaitu White, Dull Blue, Red dan juga Black.
Kesimpulan
Hasil akhirnya adalah keduanya merupakan tipe basic yang cocok untuk konsumen ingin model terbaru dari kedua motor tersebut namun dengan dana terbatas.
Setidaknya bisa mendapatkan desain bodi terbaru pun sudah cukup untuk memenuhi hasrat memiliki motor keluaran anyar.
Fitur yang disematkan pun sudah cukup baik, dari konektivitas smartphone, lampu full LED hingga performa mesin yang jempolan.
Perbandingan Dimensi
PCX 160 CBS VS NMax Neo Version |
||
---|---|---|
Keterangan |
PCX 160 CBS |
NMax Neo Version |
Panjang (mm) |
1.936 |
1.935 |
Lebar (mm) |
742 |
740 |
Tinggi (mm) |
1.123 |
1.200 |
Sumbu Roda (mm) |
1.313 |
1.340 |
Jarak Terendah (mm) |
135 |
135 |
Tinggi Jok (mm) |
764 |
770 |
Tangki (liter) |
8,1 |
7,1 |
Berat Kosong (kg) |
132 |
130 |
Perbandingan Kaki-kaki
PCX 160 CBS VS NMax Neo Version |
||||||
---|---|---|---|---|---|---|
Keterangan |
PCX 160 CBS |
NMax Neo Version |
||||
Tipe Rangka |
Double Cradle |
Underbone |
||||
Suspensi Depan |
Teleskopik |
|||||
Suspensi Belakang |
Ganda |
Unit Swing |
||||
Rem Depan |
Cakram |
|||||
Rem Belakang |
Cakram |
|||||
Ban Depan |
110/70-14 |
110/70-13 |
||||
Ban Belakang |
130/70-13 |
Perbandingan Spesifikasi PCX 160 CBS VS NMax Neo Version
PCX 160 CBS VS NMax Neo Version |
||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Keterangan |
PCX 160 CBS |
NMax Neo Version |
||||||||
Tipe |
4-tak, SOHC, 4 katup, eSP+ |
155cc Blue Core, VVA, 4 katup, SOHC |
||||||||
Pendingin |
Cairan |
|||||||||
Rasio Kompresi |
12 : 1 |
11,6 : 1 |
||||||||
Diameter x Langkah |
60 x 55,5 mm |
58 x 58,7 mm |
||||||||
Kapasitas Mesin |
156,9 cc |
155,09 cc |
||||||||
Tenaga Maksimal |
16 PS / 8.500 rpm |
15,3 PS / 8.000 rpm |
||||||||
Torsi Maksimal |
14,7 Nm / 6.500 rpm |
14,2 Nm / 6.500 rpm |
||||||||
Transmisi |
CVT |
Automatic |
Merek Motor Terkenal di Indonesia
Berita Terkini
Bisa Matic dan Manual, Begini Cara Kerja Transmisi AMT QJ SRV 250
Ini 8 Motor Matic Dengan Harga Setara Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid
Trend Knalpot Motor Berbahan Titanium Motor, Seberapa Bagus?
Zeneos Ionity: Ban Motor Dua Genre Resmi Dijual!
Panaskan Persaingan, Ofero Rilis 3 Sepeda Listrik Canggih!
Motor Rekomendasi
- Populer
- Terbaru
-
Honda ADV...
Rp 36,00 Juta - Rp 39,25 Juta
-
Honda Beat
Rp 18,43 Juta - Rp 19,30 Juta
-
Honda PCX
Rp 29,84 Juta - Rp 43,29 Juta
-
Yamaha Nmax
Rp 32,18 Juta - Rp 36,30 Juta
-
Yamaha YZF...
Rp 36,08 Juta
-
Aprilia Tuareg...
Rp 65,60 Juta
-
Yamaha Nmax
Rp 32,18 Juta - Rp 36,30 Juta
-
CFMoto 250...
Belum Tersedia
-
Segway E200P
Belum Tersedia
-
Alva One
Rp 3,50 Juta