
Renault Triber
Varian dan Harga Renault Triber
BeritaRenault Triber

• Renault Triber
Harga Bekas Renault Triber Lebih Murah dari Toyota Calya, Apakah Layak Digunakan Sebagai Mobil Keluarga?Caption Mobil keluarga berdarah Perancis, Renault Triber untuk kondisi bekasnya lansiran tahun 2020 kini berada di angka Rp120 jutaan, atau...
Enda
09.11.2022

• Renault Triber
3 Mobil Baru Harga Murah yang Sudah Keyless, Ada yang Rp150 JutaanDi Indonesia mobil baru yang harganya murah dan sudah pakai keyless sedikit jumlahnya Modelnya Toyota Agya, Suzuki Ignis, dan Renault...
Adit
26.01.2022

• Renault Triber
Renault Triber 2022 Segera Dirilis, Pakai Transmisi CVT dan Ada Varian Turbo Buat Bungkam Avanza-XeniaRenault Triber 2022 akan banyak pembaruan Renault Triber 2022 dikabarkan rilis awal tahun ini Renault Triber akan pakai transmisi CVT dan...
Prasetyo
03.01.2022

• Renault Triber
Data Penjualannya Nol Sejak Februari 2021, Renault Indonesia Keluar dari GaikindoRenault Triber Ramai mengenai pemberitaan penjualan mobil bermerek Renault di Indonesia yang dinilai tidak laku alias 0. Mengacu data wholesales...
Adit
01.12.2021

• Renault Triber
7 Mobil Ini Tidak Laku di Indonesia Selama 2021, Padahal Namanya Sangat PopulerKetika sebuah model kendaraan dipasarkan oleh para Agen Pemegang Merk (APM), tentu harapannya bisa laris terjual. Namun apa daya, selera...
Prasetyo
21.10.2021

• Renault Triber
Dacia Jogger 2022 Akan Jadi Kakak Kandung Renault Tiber di Indonesia, Berminat?Jogger bukan Joker, akan menjadi MPV baru dari Dacia. Kalau Anda kurang familiar dengan nama Dacia, ini adalah perusahaan asal...
Prasetyo
07.09.2021
Kelebihan&Kekurangan

Kelebihan
Harga Renault Triber Relatif Terjangkau
Fitur EasyFix Seats Memudahkan Pengaturan Kursi
Fitur Keyless Remote Menambah Kepraktisan
Ground Clearance Tinggi, Andal di Jalan Bergelombang

Kekurangan
Mesin Renault Triber Kurang Bertenaga
Transmisi AMT Membuat Pengendaraan Kurang Nyaman
Dealer dan Bengkel Resmi Masih Terbatas
ReviewRenault Triber
- Overview
- Eksterior
- Interior
- Fitur
- Mesin dan Performa
- Kesimpulan
Overview
Mobil Renault Triber pertama kali diperkenalkan secara global di negara India pada Januari 2020 lalu. Mobil ini dikatakan memiliki rupa yang sama dengan Datsun Go+ MPV di India. Setelah sukses besar di India , MPV kompak Renault Triber akhirnya masuk ke Indonesia pertama kali pada 12 Juli 2019.
TRenault Triber yang dibawa langsung dari India merupakan MPV Segmen A yang duduk di atas platform terbaru Renault CMF-A yang mengesankan. Dari beberapa varian yang dipasarkan di Indonesia, Renault Triber hanya ditawarkan dalam satu pilihan mesin saja, yaitu mesin BR10 1.0L 3-silinder.
Harga Renault Triber
Renault Triber bisa menjadi pilihan terbaru bagi konsumen Tanah Air yang menginginkan MPV kompak yang terjangkau, bisa memuat hingga tujuh orang, serta dilengkapi berbagai fitur yang lengkap dibandingkan model lain di segmennya. Harga Renault Triber 2021 dimulai dari Rp133 jutaan bagi Renault Triber RXE MT hingga Rp179 jutaan bagi Renault Triber RXZ MT yang menjadi varian tertinggi.
Daftar Harga Renault Triber | ||
---|---|---|
Renault Triber RXE MT | Rp 133.000.000 | |
Renault Triber RXT AT | Rp 164.000.000 | |
Renault Triber RXL MT | Rp 166.900.000 | |
Renault Triber RXZ AT | Rp 169.900.000 | |
Renault Triber RXT MT | Rp 172.900.000 | |
Renault Triber RXZ MT | Rp 179.900.000 |
Spesifikasi Renault Triber :
Mesin Renault Triber | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | BR10 1.0 3-silinder DOHC VVT | |
Kapasitas Silinder | 999 cc | |
Tenaga Maksimal | 72 PS @ 6.250 rpm | |
Torsi Maksimal | 96 Nm @ 3.500 rpm | |
Transmisi | 5-percepatan manual dan 5-percepatan AMT (Automatic Manual Transmission) | |
Sistem Penggerak | Front-wheel drive |
Dimensi Renault Triber | ||
---|---|---|
PxLxT | 3.990 x 1.739 x 1.643 mm | |
Wheelbase | 2.636 mm | |
Ground Clearance | 182 mm |
Kaki-Kaki dan Suspensi Renault Triber | ||
---|---|---|
Suspensi Depan | MacPherson Strut | |
Suspensi Belakang | Torsion Axle Beam | |
Rem Depan | Disc | |
Rem Belakang | Drum | |
Pelek/Ukuran Ban | 185/65 R15 | |
Velg | 15 inci alloy |
Sejarah Renault Triber
Renault Triber 2020 yang dibawa ke Indonesia merupakan produk asli Renault yang dikembangkan untuk pasar India. Memiliki pangsa pasar yang kurang lebih sama, Renault pun mengklaim Renault Triber cocok untuk pengendaraan di Indonesia.
Di India saja, popularitasnya tak terbendung. Sebanyak 10.000 Renault Triber dikirim ke konsumen hanya 2 bulan sejak diperkenalkan pertama kali pada Juli 2019 silam. Bahkan hingga akhir tahun 2019, penjualannya menembus 18.000 dan mengalahkan Renault Kwid sebagai model terlaris Renault di negeri Bollywood tersebut.
Renault Triber memang dikembangkan dari Renault Kwid menggunakan platform CMF-A milik Renault dan Nissan. Pengembangannya dipimpin oleh Laurens van den Acker, Kepala Desain Renault Groupe yang menyebutkan desain Renault Triber layaknya ‘seperti Leonardo da Vinci’.
Dimensinya yang kompak, tak lebih dari 4 meter, dijejali konfigurasi 7 tempat duduk kesukaan konsumen Indonesia. Renault Triber juga tak terlalu lebar sehingga membuatnya cocok digunakan sebagai kendaraan perkotaan.
Renault Triber sudah mulai dipasarkan di Indonesia sejak diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Debut pertamanya bahkan menghasilkan pemesanan lebih dari 1.000 unit. Pengiriman dilakukan sejak Maret 2020, namun mendapatkan keterlambatan akibat imbas dari Covid-19.
Ketika diperkenalkan, harga Renault Triber 2019 kala itu membuatnya menjadi salah satu model paling menggiurkan. Bagi sebelum melihat lebih jelas ketangguhannya di jalanan, cek terlebih dahulu review Renault Triber terbaru di bawah ini.
Eksterior
Eksterior Renault Triber
Berbeda dengan MPV lainnya yang dipasarkan di Indonesia, Renault Triber menawarkan kesan yang sporty dengan bahasa desian khas Eropa. Dengan platform yang sama, eksteriornya memang dibuat sedikit mirip dengan Renault Kwid.
Tampilan depan Renault Triber dibuat sangar dan sporty untuk memikat konsumen Tanah Air. Terlihat grille depan yang tak terlalu besar dihiasi logo Renault serta aksen chrome yang membuatnya terasa mewah layaknya mobil Eropa lainnya.
Lampu dengan yang memanjang dan berbentuk sipit sudah menggunakan lensa proyektor. Meski belum tanpa lampu HID atau LED, namun cukup baik dalam menemani ketika berkendara di malam hari. Di bawah, terdapat strip LED tipis untuk Daytime Running Lamp.
Pada sisi samping terdapat side moulding yang lebar mempertegas kesan sporty pada mobil ini. Ditambah dengan ground clearance yang cukup tinggi dibanding MPV lain di segmennya, yaitu 182 mm. Renault Triber terkesan aman digunakan di jalanan bergelombang.
Dibekali velg 15 inci, desain kaca yang ramping serta siluet yang mungil membuat tampilannya terasa menarik untuk Low MPV. Tak perlu ragu dengan kepraktisannya, Renault Triber dibekali roof rail yang mampu mengangkut beban 50 kilogram di atas atap.
Overhang belakang terlihat pendek. Membuatnya terasa lebih kompak dan enak dibawa bermanuver di jalanan perkotaan. Lampu belakang yang tipis disandingkan dengan skid plate berwarna doff grey melengkapi kesan kokoh Renault Triber di belakang.
Interior
Interior Renault Triber
Berbeda dengan model Renault lainnya yang menawarkan rasa berkendara yang mewah dan premium, interior Renault Triber terlihat lebih sederhana. Terlihat dari material plastik keras yang menghiasi dashboard serta setir tanpa tombol pengaturan.
Kesan canggih terasa pada layar sentuh 8 inci yang cukup menarik perhatian di dalam kabin. Menariknya head unit sudah dilengkapi dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto. Pengaturan AC bisa dilakukan pada kontrol HVAC yang terletak di bawah layar.
Tidak ada setir berlapis kulit. Hanya ada setir polos berbahan plastik keras dengan sedikit aksen chrome dan logo Renault mempercantik tampilannya. Namun, hal ini sangat berguna untuk mengurangi ongkos produksi serta menekan biaya jual mobil ini.
Di dalam, Renault Triber dilengkapi berbagai fitur canggih yang tidak bisa ditemukan pada pesaingnya. Dengan harga yang ditawarkan, pengemudi sudah mendapatkan konsol tengah dengan pendingin yang bisa digunakan untuk menyimpanan minuman maupun kendaraan sepanjang perjalanan.
Selain itu, Renault Triber juga menjadi mobil pertama di kelasnya yang sudah menggunakan kluster instrument LED. Membuat tampilannya terasa lebih futuristik. Selanjutnya ada twin-AC yang terdapat pada baris kedua dan baris ketiga.
Renault Triber tersedia dengan konfigurasi 5 kursi, 6 kursi, dan 7 kursi. Kepraktisannya terlihat dari kursi baris kedua yang bisa digeser, direbahkan, hingga dilipat ke depan. Kursi baris ketiga bahka bisa dilepas. Renault menyebutkan ada 100 konfigurasi kursi yang bisa digunakan pada Renault Triber.
Dengan tiga pilihan konfigurasi kursi yang diberikan, kapasitas bagasi pun terbagi tiga. Pengaturan 7 kursi menyisakan ruang bagasi 84 liter, dan 320 liter untuk Renault Triber 6 kursi. Catatan tersebut belum dihitung pada saat kursi baris ketiga dilipat. Sedangkan Triber 5 kursi memiliki kapasitas bagasi 625 liter.
Fitur
Fitur Renault Triber
Namun dari segi keselamatan, Renault Triber terlihat menawarkan teknologi yang cukup minimalis. Renault Triber RXZ sebagai varian tertinggi menawarkan empat airbag yang menutupi bagian depan dan samping guna melindungi pengemudi dan penumpang depan ketika terjadi kecelakaan.
Penghuni baris kedua dan ketiga dari varian yang lebih rendah memang belum mendapatkan airbag. Tapi setiap bangku mendapatkan sabuk pengaman tiga titik lengkap dengan pretensioner. Selain untuk kenyamanan, head rest Renault Triber berguna untuk menjaga kepala ketika terjadi benturan.
Untuk membantu pengemudi selama berkendara dan memarkirkan kendaraannya, Renault menyematkan fitur kamera parkir belakang. Sayangnya belum ada sistem atau teknologi keselamatan aktif lanjutan yang diberikan pada model murah Renault Triber.
Mesin dan Performa
Mesin Renault Triber
Tak hanya dari segi fitur di dalam kabin saja. Namun, Renault Triber dibangun dari platform baru dengan konsep Energy Engine. Membuatnya memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih nyaman ketika diajak berkendara dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.
Dibawa ke Indonesia, Renault Triber masih mengenakan mesin bensin 1.0L 3-silinder yang sama dengan yang digunakan di India. Tenaga yang dihasilkan memang tak begitu besar, hanya 72 PS pada putaran 6.250 rpm dan torsi 96 Nm pada 3.500 rpm.
Tenaga disalurkan ke roda depan melalui pilihan transmisi 5-percepatan manual dan 5-percepatan AMT (Automatic Manual Transmission). Transmisi AMT otomatis dipadukan dengan perpindahan gigi secara manual akan meningkatkan rasa berkendara di dalam mobil Renault Triber.
Performa & Handling Renault Triber
Mesin yang digunakan pada Renault Triber sudah lebih dulu menjadi jantung Clio dan Dacia Sandero yang dipasarkan di Eropa dan Amerika Selatan. Bedanya terdapat pada sistem VVT ganda yang membuat mesin Triber menjadi lebih responsif.
Mesin bensin yang digunakan cukup baik ketika diajak berkendara. Namun, masalah utama mesin 3-silinder yaitu getaran mesin yang cukup berisik. Meski masalah ini tak terlalu mengganggu dengan peredaman kabin yang cukup baik dari Renault Triber.
Ketika mulai melaju dalam putaran bawah, penyaluran tenaga Renault Triber terasa kurang menggigit. Tapi ketika sudah melewati 3.000 rpm, akselerasi cukup positif. Meski pengemudi baru sepertinya perlu membiasakan diri dengan persneling AMT yang cukup membingungkan.
Akselerasi memang bukan daya tarik mobil ini. Begitu pula pijakan pada pedal kopling bisa dibilang cukup berat. Namun bantingan suspensi Renault Triber cukup baik. Tidak terlalu empuk namun masih nyaman untuk dikendarai dan pada saat digunakan bermanuver.
Konsumsi BBM Renault Triber
Tak ada yang perlu diragukan dari mesin 3-siilnder. Meskipun memiliki getaran yang lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder, konfigurasi 3-silinder dan 12 katup mampu menghadirkan konsumsi bbm yang cukup efisien.
Karena menggunakan spesifikasi dari India, maka mesin dan konfigurasi teknisnya hampir sama ketika dibawa ke Indonesia. Dalam pengujian yang dilakukan media India, Renault Triber mampu menempuh hingga 20 kilometer dalam 1 liter bahan bakar. Cukup hemat bagi sebuah Low MPV.
Meskipun Renault Triber tidak diklasifikasikan sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC), tapi MPV teranyar Renault ini bersaing dengan LCGC Tanah Air dalam hal harga yang ditawarkan. Keunggulannya akan berkurang jika memiliki bahan bakar yang boros.
Kesimpulan
Dipasarkan bersamaan dengan Renault Kwid Indonesia, Renault Triber memiliki harga paling terjangkau dari seluruh model Renault di Tanah Air. Belum lagi dengan berbagai fitur menarik dan kepraktisan yang membuatnya patut dipertimbangkan.
Sayangnya dari segi mesin, Renault Triber belum bisa menemukan tajinya. Akselerasinya belum begitu baik ditambah dengan getaran yang menjadi kelemahan mesin 3-silinder. Begitu pula kabin dengan material plastik membuat interior terkesan biasa.
Tapi Renault Triber menawarkan pendingin pada kabin yang tidak ditemukan pada pesaingnya di segmen yang sama. Harga Renault Triber Indonesia yang sangat terjangkau bisa menjadi pilihan mobil keluarga perkotaan dengan kepraktisan yang mengesankan.





Perbandingan Renault Triber
Mobil Rekomendasi
Merek Mobil Terkenal di Indonesia
FAQ Renault Triber
Berikut adalah Sistem perintah suara dan varian Renault Triber:
Varian | Renault Triber RXE MT | Renault Triber RXL MT | Renault Triber RXT MT | Renault Triber RXZ MT | Renault Triber RXT AT | Renault Triber RXZ AT |
Sistem perintah suara | N | N | N | N | N | N |
Tidak, Renault Triber tidak tersedia di Tampilan Head-up.
Ground clearance (mm) Renault Triber adalah 182.
Berikut adalah Bluetooth dan varian Renault Triber:
Varian | Renault Triber RXE MT | Renault Triber RXL MT | Renault Triber RXT MT | Renault Triber RXZ MT | Renault Triber RXT AT | Renault Triber RXZ AT |
Bluetooth | N | Y | Y | Y | Y | Y |
Tidak, Renault Triber tidak tersedia di Headlight height adjustment.