
TANK 500
Uji Tangguhnya GWM Tank 300 HEV di Medan offroad

Meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, sosok GWM Tank 300 bermesin hybrid (HEV) memang merupakan mobil yang memiliki body kekar dan gagah.
Maklum, Tank 300 HEV ini jad mobil offroad yang tampilannya mirip dengan wujud dari mobil petualang Ford Bronco. Ya, soal desain memang selera.
Baca juga: 5 Alasasn 100 Konsumen Pertama Pilih Mobil SUV GWM Tank 300 HEV

Yang menarik lagi, harga Tank 300 HEV ini cenderung lebih terjangkau, karena dibanderol Rp828,8 juta on the road Jakarta.
Nah, kebetulan beberapa waktu lalu AutoFun mencoba mengendarai Tank 300 HEV, dari dealer GWM di Tomang, Jawa Barat, hingga Desa Pelangi, Sentul, Bogor, Jawa Barat, untuk offroad.
Baca juga: 9 Hal Menarik Tank 300 HEV yang Siap Bersaing di Ranah Mobil Offroad
Untuk mengetahui bagaimana rasanya mengemudi Tank 300 ini, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui.
Asyik di Jalan Aspal

Saat pertama kali melihat wujud Tank 300 HEV memang tergolong cukup besar. Maklum mobil ini mempunyai dimensi panjang 4.760 mm, lebar 1.930 mm, dan tinggi 1.903 mm.
Saat dikendarai di jalan aspal, impresi mobil ini cukup responsif. Meski bentuknya yang cukup besar, mobil ini sangat nyaman dikendarainya.
Memiliki Ground Clearance mencapai 224 mm ditambah velg 17 inci yang dipasang ban dengan tapak lebar dan besar membuat visibilitas saat mengemudi jadi terasa luas.
Dengan tenaga yang dimiliki 342 Hp dan torsi 648 Nm, membuat akselerasi mobil ini sangat mantap. Lingkar kemudi yang begitu ringan, membuat mobil ini mudah untuk meliuk-liuk ketika melaju di tol Jagorawi.
Secara keseluruhan Tank 300 HEV memang asyik saat dikendarai di jalanan aspal halus baik di jalan raya maupun di jalur bebas hambatan.
Baca juga: Test Drive TANK 300 Langsung di Markas GWM China, Calon Mainan Baru Pehobi Offroad
Tank 300 HEV Tangguh di Medan Offroad

Jika mobil ini asyik saat dikendarai di jalan raya, lantas bagaimana dengan di medan offroad? Sesampainya di Desa Pelangi, Sentul, Bogor, kondisi jalanan basah, karena diguyur hujan. Meski sempat berhenti, namun lintasan yang dilalui basah dan licin.
Oia, untuk pengujian Tank 300 ini, kami berganti mobil yaitu menggunakan Tank 300 HEV Fury Edition, dimana seri ini hanya tambahan aksesoris yang membuat mobil jadi gagah dan semakin cocok untuk berpetualang.
Maka dari itu, disinilah waktu yang pas untuk menguji apakah Tank 300 HEV layak disebut tangguh!
Suspensi Empuk dan Tidak Terlalu Mantul

Mengemudi Tank 300 di jalur offroad rupanya cukup menyenangkan. Pasalnya, saat melewati jalur dengan medan bergelombang, mobil ini tetap memberikan rasa nyaman di dalam kabin.
Hal ini tak lepas dari peran suspensi Tank 300 HEV yang disetting dengan tepat, sehingga tetap empuk dan tidak terlalu mantul sehingga mampu meredam guncangan.
Usut punya usut, suspensi Tank 300 HEV pada bagian depan menggunakan Double Wishbone Independent, sedangkan pada bagian belakang Multi Link non-Independent.
Belum lagi, meski sepatunya menggunakan ban Goodyear Wrangler DuraTrac RT, namun daya cengkram karet ban ini tetap mampu menggaruk tanah dan lumpur saat melaju di medan offroad.
Mudah Dikendalikan karena Handling Ringan

Tank 300 HEV juga sangat mudah dikendalikan, dan memiliki handling ringan, sehingga saat melakukan belokan tajam dan harus bermanuver dengan kondisi jalan sempit sangat mudah.
Hal ini tak lepas dari penggunaan Electric Power Steering, sehingga saat memutar kemudi jadi terasa sangat ringan.
Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Adjustable Steering Column, sehingga posisi lingkar kemudi bisa disesuaikan sesuai keinginan pengendara.
Banyak Dilengkapi Fitur Canggih

Perlu dicatat, untuk para pemula yang ingin offroad dengan Tank 300 HEV memang sangat bisa dilakukan. Sebab, mobil ini tidak hanya sekadar memiliki penggerak empat roda yang bisa membantu di jalur tanah dan bebatuan.
Pasalnya, ada sejumlah fitur canggih yang memudahkan pengemudi sehingga terlihat jadi offroader profesional. Nah, beberapa fitur pintar yang ada pada mobil ini diantaranya:
Front and Rear Differential Locks
Fitur Front and Rear Differential Locks bisa membantu pengemudi jika ban yang terjebak, kemudian dapat menapak ke permukaan jalan lagi karena sistem differential pada kendaraan bisa mengunci sehingga jumlah putaran roda menjadi sama.
4X4 Cruise Control
4X4 Cruise Control juga sangat membantu pengendara untuk offroad, karena fungsi fitur ini memungkinkan untuk mobil tetap melaju di medan offroad tanpa harus menginjak pedal gas dan rem.
Tank Turn
Selanjutnya adalah Tank Turn, dimana fitur ini memungkinkan untuk memperkecil radius putar dari 5,6 meter menjadi 4,4 – 4,6 meter. Alhasil, saat jalan sempit untuk memutar mobil akan sangat mudah dilakukan.
All Terrain System (ATS)
Tank 300 juga dilengkapi dengan All Terrain System (ATS), dimana fitur ini sangat memudahkan pengemudi saat melewati segala medan, terutama saat jalanan licin, becek, hingga kubangan dan bebatuan.
Selain itu mobil ini didukung dengan sembilan mode berkendara, dimana beberapa mode tersebut diantaranya:
- 2H Standard
- 4H Standard
- 4H Snowfield
- 4L Standard
- 4L Bumpy Roads
- 4L Mud & Sand
- 4L Mountain
- 4L Rocky Roads
- 4L Multi-Terrain
360 Intelligent Off-Road Driving
Pengemudi awam juga akan sangat terbantu dengan adanya 360 Intelligent Off-Road Driving. Sebab fitur ini mampu mempermudah mengetahui kondisi sekitar dalam sekejap berkat 360 Around View, Chassis Perspective, Lane Keeping Assist Lines, dan Off-Road UI Display.
Kesimpulan GWM Tank 300 HEV

GWM Tank 300 memang cukup handal dikendarai di jalanan aspal atau medan offroad. Hal ini karena mobil ini dilengkapi banyak fitur canggih yang mampu memudahkan pengemudi saat berkendara.
Bahkan jika seorang pemula ingin merasakan sensasi offroad, kemungkinan akan bisa melakukannya. Pada dasarnya, jeroan mesin Tank 300 ini sangat kuat dan tangguh, karena mesin yang dibenamkan adalah 2.0 liter, 4 silinder, turbocharged direct injection yang dipadu baterai 1,76 kWh.
Di atas kertas, dengan mesin tersebut maka tenaga yang dimuntahkan bisa mencapai 342 HP dengan torsi maksimal 648 Nm.
Akan tetapi, di beberapa kesempatan saat di jalur offroad terasa kurang responsif saat pedal gas diinjak, dan agak lama. Namun setelahnya, semburan tenaga yang dikeluarkan kembali cukup besar.
Selain itu, nama Tank 300 ini belum terlalu familiar di Indonesia. Terlebih lagi, karena brand China, sehingga belum diketahui apakah para pecinta offroad akan tertarik dengan mobil tersebut atau tidak.

Herdi Senior Writer
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.
Merek Mobil Terkenal di Indonesia
Berita Terkini
Hyundai Ioniq 5 Berbalut Motif Batik Kawung, Cuma Disediakan 50 Unit!
Fitur dan Interior Jetour X50e EV Terungkap, Atap Panoramic dan Head Unit Lebar
Modifikasi Audio Denza D9 Pertama di Indonesia, Kualitas Makin Mewah Tanpa Potong Kabel
Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2025 Diprediksi Lebih Meriah, Target Jualan Rp 400 miliar
Kenali Tanda Ban Mobil Wajib Ganti Sebelum Berangkat Mudik Lebaran
Mobil Rekomendasi
- Populer
- Terbaru
-
Toyota Kijang...
Rp 339,60 Juta - Rp 467,00 Juta
-
Toyota Avanza
Rp 189,80 Juta - Rp 295,80 Juta
-
Honda Brio
Rp 167,90 Juta - Rp 253,10 Juta
-
Daihatsu Sigra
Rp 120,65 Juta - Rp 182,60 Juta
-
Toyota Calya
Rp 170,20 Juta - Rp 190,00 Juta
-
Subaru Crosstrek
Rp 549,50 Juta
-
Chery Omoda...
Rp 334,80 Juta - Rp 493,80 Juta
-
Suzuki Grand...
Rp 359,40 Juta - Rp 384,40 Juta
-
Wuling Alvez
Rp 209,00 Juta - Rp 295,00 Juta
-
Subaru WRX...
Rp 975,50 Juta - Rp 1,03 Miliar