Kalah Laris Dari GranMax, Nasib Daihatsu Luxio Terabaikan?

Sanz
Sanz · 2023-04-09 16:00:55

Segmen kendaraan minibus di Indonesia kini semakin mengerucut pada aktivitas niaga. Daihatsu menjajakan dua model minibus sekaligus, yaitu GranMax dan Luxio. Hanya saja, nasib Luxio ini bagai bumi dan langit bila dibandingkan GranMax.

Sebagai perbandingan, penjualan di dua bulan pertama 2023 menempatkan Luxio di posisi paling bawah bersama Sirion dengan total penjualan retail hanya 625 unit. Bandingkan dengan GranMax minibus yang mencapai 2.127 unit pada periode Januari-Februari 2023. 

Kelemahan Daihatsu Luxio, Sering Dianggap GranMax Versi Mahal

Ini 5 Keunggulan Daihatsu Luxio Yang Layak Jadi Mobil Andalan Bisnis Travel

Daihatsu Luxio 12 Tahun Tanpa Ganti Generasi Tetap Laku, Bagaimana Bisa?

Karena penjualan yang lebih oke, pihak Astra Daihatsu Motor selaku produsen beberapa waktu lalu merilis pembaharuan di GranMax bermesin 1.500 cc. Sebaiknya, Luxio masih setia dengan model lawasnya itu. Namun demikian, pihak Daihatsu menampik kalau Luxio ini sudah habis. 

Marketnya masih ada, baik-baik saja. Minibus kan ada dua jenis konsumen, ada yang buat dipakai sendiri dan ada yang dipakai peruntukkan bisnis. Jadi rata-rata bisnis yang dipakai untuk mobil minibus yang tipe bawah yang 1.3 (Gran Max), kalau Luxio rata-rata dipakainya buat sendiri atau buat pribadi,” beber Sri Agung Handayani, Marketing Director, dan Corporate Planning & Communication Director Astra Daihatsu Motor (ADM).

Meskipun sumbangsih penjualannya begitu minim, namun ADM masih setia menjual Luxio hingga saat ini. Terakhir Luxio mengalami facelift pada Februari 2014, atau sudah 9 tahun lalu.

Daihatsu Luxio dipasarkan di Indonesia dengan satu pilihan mesin bensin, yaitu 3SZ-VE 1500cc DOHC VVT-i 4 silinder segaris. Mesin ini mempunyai tenaga maksimum 95 hp/6000 rpm dan torsi maksimum 13,7 Kg.m/4400 rpm. Mesin ini sama dengan mesin yang digunakan di Daihatsu GranMax lawas dan Terios konde.

Pihak Daihatsu masih terus mengkaji soal kemungkinan Luxio mendapat pembaharuan. Hanya saja, kini fokus terhadap Luxio masih menjaga seputar kepuasan non produk.

“Pasti kita kaji dong, ditunggu saja. Jadi kita akan melihat itu yang dari tiga fokus apa yang konsumen inginkan, misalnya sensitive to price, kepemilikan yang lebih gampang, TOP (total ownership program) lebih panjang, atau dia servis part-nya lebih affordable,” beber Sri Agung. 

Sanz

Sanz Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Toyota
Daihatsu
Honda
Chery
Mitsubishi
Suzuki
Nissan
Wuling
Volkswagen
Datsun
Mercedes-Benz
BMW