
Honda Civic
Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual

Generasi kesebelas Honda Civic baru-baru ini mendapatkan tambahan model baru, lewat debut global model Si yang merambah pasar Amerika pada Selasa lalu (19/10). Hadir dalam pilihan bentuk Sedan saja, Civic Si 2022 menawarkan tampilan serta pengendaraan yang lebih sporty dari versi standar.
Honda sengaja menelurkan mobil satu ini untuk mengincar konsumen Civic Type R terbaru yang tak ingin menunggu lama dan punya budget terbatas.
Mengambil desain dari mobil konsep Civic Proto yang pernah ditampilkan sebelumnya, Civic Si jadi sedikit lebih rendah, makin lebar dan tambah panjang.
Dipasangkan dengan transmisi manual 6 percepatan yang telah diatur short thrownya oleh Honda, sehingga memberikan rasa shifting naik dan turun lebih pendek.
Baca juga: Honda Breeze PHEV 2021 Meluncur, Kembaran CR-V yang Lebih Ganteng dan Pakai Mesin Listrik
Tampilan Makin Sporty, Eksterior Dilabur Warna Mencolok

Dari bagian muka, Civic Si 2022 dapat dikenali dari grill depan dengan bentuk dan opening kisi-kisi yang lebih lebar, memastikan jalur udara terjaga bagi mesin bertenaga 200 PS.

Ada juga emblem Si melekat disampingnya, sebagai pembeda dengan model Civic lain. Sisanya soal fascia boleh dibilang mirip sama seperti bawaan model RS yang dijual di Thailand.

Berlanjut ke samping, perbedaan kelihatan jelas dari penggunaan pelek palang lima yang berwarna black glossy berukuran 18 inci.

Di dalamnya ada rem cakram yang menurut Honda telah diperbesar ukurannya di depan 1,2 inci dan belakang 0,9 inci, untuk mengimbangi tenaga buas Civic Si. Selain itu ada juga tambahan aksen hitam di bagian kaca spion sebagai pemanis.

Buritan mungkin jadi area Civic Si yang tetap mempertahankan desain utuh dari Civic standar. Tetap dengan gaya modern dan dilengkapi spoiler belakang kepunyaan model RS.

Bedanya ada di emblem Si, serta dual knalpot baru hasil rancang ulang tim engineer Honda, yang mampu menghasilkan suara merdu dari mesin empat silindernya.
Baca juga: Kalau Honda Civic 2022 Ada Versi Wagon, Bisa Lebih Menarik Saat Masuk Indonesia
Interior Pakai Jok Bucket Seat dan Tuas Persneling Aluminium

Masuk ke dalam, pembaruan terbesar dari Civic Si adalah joknya yang mengadopsi model bucket seat, lengkap dengan kombinasi merah-hitam dan emboss Si di bagian headrest.

Paduan warna ini juga bisa ditemukan pada sekeliling kabin, mulai dari jahitan stir, insert pada doortrim pintu, hingga trim di sekitar ventilasi AC.

Di bagian konsol tengah, Honda menyematkan tuas persneling terbuat dari bahan aluminium yang mirip dengan bentuk Type R sebelumnya
Klaim pabrikan asal Minato Jepang ini, rasa short throw antar gigi jadi lebih pendek 10 persen, kemudian digabungkan dengan respons throttle gas yang lebih cepat berkat penurunan 30 persen pada flywheel.

Dari segi konektivitas, Civic Si mendapatkan layar hiburan berukuran 9 inci yang sudah support duo Android Auto Apple Carplay.

Begitu pula dengan panel instrumen, dalam wujud layar LCD 7 inci yang mampu menampilkan informasi dan kelengkapan mobil. Khusus di tipe Si sudah memiliki sistem tata suara dari Bose dengan 12 speaker ditambah subwoofer.
Soal keselamatan Honda tidak pelit, ikut memasukkan sistem keselamatan ADAS dalam paket Honda Sensing (HS) sebagai standar.
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan
Mesin dan Transmisi Kombinasi Spesial

Meski Civic Si masih menggunakan mesin 1.5-liter empat silinder turbo sama seperti model standar, tapi Honda melakukan perubahan pada flywheel sehingga menjadi lebih ringan.
Hal ini berdampak pada tenaga yang naik jadi 200 PS pada 6.500 rpm dan torsi yang lebih besar sejak putaran lebih awal, yakni 260 Nm di 1.800 rpm hingga 5.000 rpm.

Mesin ini diklaim memiliki output makin sigap serta delivery tenaga yang lebih menyenangkan saat menginjak pedal gas.
Insinyur Honda juga banyak menghabiskan waktu pada bagian setir yang dibuat lebih berat dan direct, lengkap dengan mode Individual dimana pengemudi bisa mengatur kesesuaian berat setir bersama respons pedal gas.

Tenaga dan torsi lalu dikirimkan ke satu pilihan transmisi berupa manual 6 percepatan yang memiliki teknologi rev-matching saat turun gigi.
Beberapa ubahan lain datang tak kasat mata, seperti model sasis diklaim lebih rigid 8 persen di sektor torsional rigidity, 13 persen peningkatan di bending stiffness, anti roll baru yang lebih stiff, dan spring rate lebih kaku 8 persen didepan 54 persen dibelakang.
Baca juga: Penjualan LCGC September 2021 : Daihatsu Sigra Jawaranya, Honda Brio Satya Terjun Bebas

Evan
Merek Mobil Terkenal di Indonesia
Berita Terkini
Hyundai Ioniq 5 Berbalut Motif Batik Kawung, Cuma Disediakan 50 Unit!
Fitur dan Interior Jetour X50e EV Terungkap, Atap Panoramic dan Head Unit Lebar
Modifikasi Audio Denza D9 Pertama di Indonesia, Kualitas Makin Mewah Tanpa Potong Kabel
Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2025 Diprediksi Lebih Meriah, Target Jualan Rp 400 miliar
Kenali Tanda Ban Mobil Wajib Ganti Sebelum Berangkat Mudik Lebaran
Mobil Rekomendasi
- Populer
- Terbaru
-
Toyota Kijang...
Rp 339,60 Juta - Rp 467,00 Juta
-
Toyota Avanza
Rp 189,80 Juta - Rp 295,80 Juta
-
Honda Brio
Rp 167,90 Juta - Rp 253,10 Juta
-
Daihatsu Sigra
Rp 120,65 Juta - Rp 182,60 Juta
-
Toyota Calya
Rp 170,20 Juta - Rp 190,00 Juta
-
Subaru Crosstrek
Rp 549,50 Juta
-
Chery Omoda...
Rp 334,80 Juta - Rp 493,80 Juta
-
Suzuki Grand...
Rp 359,40 Juta - Rp 384,40 Juta
-
Wuling Alvez
Rp 209,00 Juta - Rp 295,00 Juta
-
Subaru WRX...
Rp 975,50 Juta - Rp 1,03 Miliar