Gofar Hilman Modifikasi Seres E1, Mobil Listrik Imut Jadi Blind Van Kalcer

Modifikasi Seres E1 pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 menjadi daya tarik tersendiri di booth DFSK dan Seres. Ternyata ini adalah hasil kreasi dari Gofar Hilman.
Influencer otomotif yang punya akun Instagram @pergijauh itu memang terkenal gemar melakukan modifikasi pada kendaraan pribadinya. Tapi ternyata khusus untuk modifikasi Seres E1 ini, ia mendapat tantangan yang cukup membuatnya mengerutkan dahi.
“Cuma dikasih waktu tiga minggu, hahaha…” ucap Gofar ketika ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (16/2/2025). Namun waktu yang singkat itu malah dia terima sebagai tantangan untuk menyelesaikan kreasinya dengan maksimal. “Pokoknya udah gak mikir lagi, bikin konsep, masukin bengkel, yang penting selesai,” ucap dia.
Meski demikian, Gofar yang dulunya juga seorang musisi dari sebuah group band, tidak asal-asalan dalam menggarap mobil modifikasinya kali ini. Sebab ia melakukan kontrol penuh proses berjalannya modifikasi tersebut, sampai menentukan sendiri kombinasi warna yang akan diterapkan.
Baca juga: DFSK dan Seres Tampilan Ragam Kolaborasi Elektrifikasi di IIMS 2025
Modifikasi Seres E1 Jadi Mobil Niaga

Gofar Hilman menjelaskan, kalau tema modifikasi yang ia angkat adalah sebuah kendaraan niaga ringan namun berukuran mungil. Idenya adalah memberikan sebuah alternatif kendaraan yang bisa dipakai para UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dalam menjalankan bisnisnya di perumahan-perumahan.
“Karena begini, kita sering kali, turtama yang punya usaha ya, butuh mobil servis tapi yang gak terlalu besar, bisa masuk ke gang-gang kecil, tapi bisa masuk berbagai peralatan juga. Misalnya tukang servis AC, daripada dia pakai motor berdua kemana-mana bawa tangga dan peralatan lain jadi repot, dia bisa pakai sebuah blind van tapi yang gak besar ukurannya,” jelas Gofar.
Berbekal ide itulah, ia langsung mengubah Seres E1 yang sejatinya merupakan mobil penumpang dengan kapasitas 4-5 orang, menjadi sebuah mobil blind van 2 pintu 2-seater. Hal ini dia lakukan dengan mencopot semua kaca buat penumpang belakang, kemudian dibuat plat baru.
“Tapi nat-nya kita bentuk ikuti bawaan bodi mobil aslinya. Jadi di bagian belakang mengecil, kemudian ke atas meruncing. Trus ditambah spoiler belakang biar lebih runcing lagi,” jelas Gofar.

Lanjut ke bagian lain, dia juga merancang bemper baru untuk mobil listrik ini. Gofar Hilman menyebutkan kalau bemper depan dan belakang di modifikasi Seres E1 tersebut terinspirasi dari desain mobil era 1960-an – 1970-an.
Gofar juga mengaku cukup rumit membuat desain bemper ini. Karena dia ingin lekukannya menyatu dengan bodi mobil sebelumnya sehingga terkesan lebih rapi. Untuk itulah ia membentuk secara custom dari bahan besi, kemudian langsung di sambung ke sasis biar faktor keamanan juga bisa terpenuhi.
Gaya mobil jadul ini makin diperkuat berkat lampu utama mobil yang sudah tak lagi standar. Gofar menyebut headlamp di mobil ini sebagai lampu cedok. “Lampu mobil gaya tahun 1970-an yang gue suka banget,” tegas dia.
Namun untuk mengaplikasikan lampu bergaya retro itu, ia membutuhkan tim yang bisa membuat secara custom. Lampu ini dibuatkan frame khusus, serta sudah terintegrasi, antara lampu utama tipe projector dan juga seinnya.

Kelar bagian bodi dan bemper, selanjutnya Gofar merancang area atap mobil. Disini ia ingin memasang satu roof rack yang juga berdesain retro. Tapi karena desain roof rail original dari Seres E1 sudah terlihat eye catching, maka ia memutuskan tetap mempertahankan bentuk asli komponen tersebut.
“Bagian atap Seres E1 ini menarik, karena ternyata di bagian roof rail, ketika dibuka, ada tempat lubang baut untuk bisa memasang roof rack. Dan kita sudah pertimbangkan ini kalau dipasang roof rack, masih bisa lah buat bawa beberapa barang secara proper,” kata pria yang juga penyiar radio itu.
Sementara untuk urusan kaki-kaki, menurutnya penggantian velg tidak menimbulkan masalah yang berarti. “Awalnya liat Seres E1 ini velg bawaan kan kecil tuh, ring 13 lebarnya cuma 4,5 atau 5 inci. Tapi pas udah diganti kok fitment-nya bagus banget. Ini enggak pakai spacer sama sekali tapi fender masih aman,” jelas dia.
Adapun satu set velg yang ia pasang adalah produk keluarannya sendiri, yakni Turbo Bastard Wheel (TBW). Velg tersebut memiliki spesifikasi PCD 4×100 dengan ukuran 15 inci, lebar 7 inci dan ET 38. Velg itu kemudian disandingkan dengan suspensi custom agar lebih dekat ke bibir fender.
Baca juga: 9 Fakta Menarik Seres E1, Si Mungil Nggak Ngebosenin
Kabinnya Terinspirasi dari Bus

Kalau bagian luar modifikasi Seres E1 ini lebih kental nuansa retro modern, maka tidak demikian dengan nuansa interiornya. Gofar Hilman ternyata mau tampilan kabin ini jadi nyeleneh, beda dengan mobil modifikasi modern yang kini sedang digandrungi kaula muda.
“Ini pakai bahan buat jok bus dan kereta! Hahaha,” jelas dia. Material fabric yang colorfull ini ternyata menurutnya kerpa dipakai oleh mobil-mobil di era 1980-an pula. Dan biasanya mobil jenis Kei Car di Jepang yang pakai material pelapis jok berwarna cerah. Tujuannya biar ketika terkena kotoran atau debu, maka noda tidak terlihat jelas.
Tapi Gofar mengaku kalau pemakaian bahan fabric dengan warna-warna cerah ini baru kali pertama dilakukan. Jadi kemungkinan akan ia terapkan pula pada project mobil modifikasi berikutnya.
Bisa Pesan Unit Seres E1 x Gofar Hilman di IIMS 2025

Meskipun kolaborasi modifikasi Seres E1 dengan Gofar Hilman ini hanya untuk kebutuhan pameran IIMS 2025, tetapi ternyata banyak pengunjung yang berminat dengan unit mobil tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Doni Putra Okten selaku Head of Sales and Marketing PT Sokonindo Automobile.
Menurut dia, beberapa pengunjung bahkan menyebut, jika mereka tertarik pada mobil Gofar Hilman tanpa menuturkan apa merek dan tipenya. “Banyak yang datang kesini anak kuliah atau anak sekolah yang minta ke orang tuanya, pokoknya mau mobilnya Bang Gofar,” jelas Doni.
Ia pun tak masalah jika ternyata Seres E1 tersebut malah dikenal sebagai mobilnya Gofar Hilman. Hal ini menunjukkan kalau mobil compact EV bukan cuma menarik untuk dilihat, harganya affordable, dan hemat pemakaiannya, tapi juga bisa tampil lebih stylish.
Dirinya pun menyebut, jika ada yang tertarik dengan hasil modifikasi Seres E1 x Gofar Hilman, maka bisa saja dibuatkan unitnya. Sementara untuk konsep modifikasi, dapat disesuaikan dengan selera masing-masing pembeli. Tinggal kalian siapkan budget lebih buat modif mobil listrik tersebut.

“Bisa saja, nanti tinggal kita bicarakan. Mau konsepnya beda juga bisa, nanti mungkin konsumen kita diskusikan dengan bengkel modifikasi rekanan dari pihak Gofar,” tukasnya.
Sebagai informasi spesifikasi Seres E1 menggunakan baterai jenis Lithium Iron Phosphate. Baterai tersebut terbagi atau dua kapasitas berbeda. Pada varian B-Type berkapasitas 13,8 kWh dengan jarak tempuh 180 km. Sementara varian L-Type kapasitas baterainya 16,8 kWh dengan jarak tempuh hingga 220 km.
Baterai ini terpasang dengan motor listrik jenis Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM). Hasilnya didapat daya maksimum 25 kW (34 PS) di B-Type dan 41 PS di L-Type. Sementara torsinya sama-sama 100 Nm.
Spesifikasi Seres E1 | ||
---|---|---|
B-Type | L-Type | |
Dimensi | ||
Panjang | 3.030 mm | 3.030 mm |
Lebar | 1.495 mm | 1.495 mm |
Tinggi | 1.640 mm | 1.640 mm |
Jarak sumbu roda | 1.960 mm | 1.960 mm |
Jarak ke tanah | 135 mm | 135 mm |
Ukuran roda | 145/60 R13 | 145/60 R13 |
Mesin | ||
Tipe motor listrik | Permanent Magnet Synchronous Motor | Permanent Magnet Synchronous Motor |
Jumlah motor listrik | 1 | 1 |
Daya maksimum | 25 kW (34 PS) | 30 kW (41 PS) |
Torsi maksimum | 100 Nm | 100 Nm |
Tipe baterai | Lithium Iron Phosphate (IP67) | Lithium Iron Phosphate (IP67) |
Kapasitas baterai | 13,8 kWh | 16,8 kWh |
Jarak tempuh | 180 Km | 220 Km |
Lama charging baterai | 3.5 – 4 jam (10-90% SOC 3.3kW) | 4 – 4.5 jam (10-90% SOC 3.3kW) |
Sistem penggerak roda | Penggerak roda belakang | Penggerak roda belakang |
Sasis | ||
Suspensi depan | MacPherson Strut | MacPherson Strut |
Suspensi belakang | Torsion Beam Multilink | Torsion Beam Multilink |
Rem depan | Ventilated Disc | Ventilated Disc |
Rem belakang | Drum | Disc |
Harga Seres E1:
- B-Type: Rp 189.000.000 OTR Jabodetabek
- L-Type: Rp 219.000.000 OTR Jabodetabek
FAQ
Berapa harga seres E1?
Seres E1 di Indonesia dipasarkan dalam dua varian yaitu B-Type dan L-Type. Berikut daftar harga Seres E1:
- B-Type: Rp 189.000.000 OTR Jabodetabek
- L-Type: Rp 219.000.000 OTR Jabodetabek
Berapa max power mobil Seres E1 L-type?
Seres E1 varian L-Type kapasitas baterainya 16,8 kWh dengan jarak tempuh hingga 220 km. Baterai ini terpasang dengan motor listrik jenis Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) dengan daya maksimum 41 PS dengan torsi 100 Nm.
Seres E1 merk apa?
Seres E1 merupakan mobil listrik berbasis baterai (BEV) yang dipasarkan oleh PT Sokonindo Automobile dan dirakit di Serang, Banten.

Prasetyo Editor
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.
Merek Mobil Terkenal di Indonesia
Berita Terkini
Hyundai Ioniq 5 Berbalut Motif Batik Kawung, Cuma Disediakan 50 Unit!
Fitur dan Interior Jetour X50e EV Terungkap, Atap Panoramic dan Head Unit Lebar
Modifikasi Audio Denza D9 Pertama di Indonesia, Kualitas Makin Mewah Tanpa Potong Kabel
Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2025 Diprediksi Lebih Meriah, Target Jualan Rp 400 miliar
Kenali Tanda Ban Mobil Wajib Ganti Sebelum Berangkat Mudik Lebaran
Mobil Rekomendasi
- Populer
- Terbaru
-
Toyota Kijang...
Rp 339,60 Juta - Rp 467,00 Juta
-
Toyota Avanza
Rp 189,80 Juta - Rp 295,80 Juta
-
Honda Brio
Rp 167,90 Juta - Rp 253,10 Juta
-
Daihatsu Sigra
Rp 120,65 Juta - Rp 182,60 Juta
-
Toyota Calya
Rp 170,20 Juta - Rp 190,00 Juta
-
Subaru Crosstrek
Rp 549,50 Juta
-
Chery Omoda...
Rp 334,80 Juta - Rp 493,80 Juta
-
Suzuki Grand...
Rp 359,40 Juta - Rp 384,40 Juta
-
Wuling Alvez
Rp 209,00 Juta - Rp 295,00 Juta
-
Subaru WRX...
Rp 975,50 Juta - Rp 1,03 Miliar