
GAC AION V
Dijual Tak Sampai Rp 500 Juta, Seberapa Nyaman Mengemudi Mobil Listrik AION V?

AION Indonesia menepati janji, bahwa HARGA AION V dibanderol kurang dari Rp490 jutaan. Benar saja, bertempat di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, mereka mengumumkan harga AION V tipe termurahnya tak sampai Rp450 juta.
Diketahui, AION V yang ditawarkan untuk pasar Indonesia hadir dalam dua pilihan varian. Harga kedua varian ini diumumkan dihadapan awak media dengan banderol sebagai berikut:
- AION V Luxury: Rp 489.000.000
- AION V Exclusive: Rp 449.000.000
Menurut Chief Executive Offic AION Indonesia, Andry Ciu, sejak AION V diperkenalkan pada November 2024, perusahaannya mendapatkan banyak feedback dan respon yang positif dari para konsumen.
Baca juga: Ini Rahasia AION V Sudah Dipesan Hampir 800 Unit Walau Belum Ada Harga Resmi

“Maka dari itu, kami sangat antusias untuk memberikan harga terbaik bagi para konsumen. Varian baru ini kami luncurkan guna memenuhi kebutuhan konsumen dan dirancang agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta gaya hidup masyarakat di Indonesia,” ungkap Andry saat ditemui di IIMS 2025, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.
Andry menyebutkan, kehadiran AION V bisa menjadi pilihan ideal bagi calon konsumen yang menginginkan SUV listrik premium dengan teknologi mutakhir, performa optimal, dan efisiensi tinggi.
Lebih lanjut, AION V, diklaim memiliki dengan desain futuristik dan aerodinamis yang tetap mempertahankan karakter tangguh khas AION V, varian ini menghadirkan keseimbangan sempurna antara gaya, fungsionalitas, dan inovasi.
Selain itu, AION juga melakukan beberapa peningkatan untuk meningkatkan kepuasan konsumen, seperti menghadirkan penutup kap mesin untuk tampilan yang lebih elegan.
Baca juga: Aion V Hadir di Indonesia, SUV Listrik dengan Banyak Keunikan
Test Drive AION V Jakarta-Yogyakarta
Anda yang tertarik dengan AION V bahkan ingin meminangnya segera, nggak ada salahnya untuk membaca ringkasan berikut ini. Hal paling utama perlu diketahui, adalah bahwa AION V sudah menggunakan baterai Magazine Lithium Iron Phosphate berkapasitas 75,3 kWh yang mampu menempuh jarak tempuh hingga 602 km (pengujian NEDC) dalam sekali pengisian penuh.
Memang hasil daya jelajah baterai tersebut bisa saja berbeda dengan realitasnya, tergantung beberapa faktor, mulai dari bobot penumpang, kondisi jalan, hingga cara bagaimana si sopir mengemudi. Kala itu, mobil diisi dengan empat orang penumpang, yang rata-rata bobotnya bisa lebih dari 65 kg. Ditambah beberapa tas yang tentunya memiliki bobot berbeda.
Baca juga: Meluncur di GJAW 2024, Mobil Listrik Aion V Punya Spek Jempolan
Posisi Mengemudi Mengasyikan
Saat berada di balik kemudi AION V, memang mobil ini dilengkapi berbagai fitur penunjang, termasuk cara mengatur posisi mengemudi untuk memberikan rasa nyaman saat di perjalanan. Ya, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur tilt dan teleskopik untuk mengatur posisi stir. Demikian juga dengan jok yang bisa diatur elektrik, lengkap dengan fitur Seat Position Memory sehingga posisi duduk akan kembali menyesuaikan.
Nah, selama perjalan menuju Yogyakarta, posisi mengemudi mobil listrik ini memang sangat menyenangkan. Hal ini karena handling sangat ringan, sehingga sangat mudah melakukan manuver baik dalam kondisi sempit.
Termasuk saat kondisi jalanan Jakarta sibuk, mobil ini memang mudah untuk satset-satset. Belum lagi, akselerasi V memang bisa di sesuai kebutuhan, lantaran ada pilihan mode baterai menggunakan opsi drive yaitu Comfort, Sport, dan Power Save.
Pada intinya, jika menggunakan Power Save maka komputer akan membaca mobil ingin melaju dengan stabil agar daya baterai bisa lebih irit. Sehingga akan ada tarikan yang lebih berat, karena pedal gas akan menahan mobil berakselerasi lebih cepat.
Lain halnya Comfort dan Sport, mobil jadi terasa lebih ringan, sehingga mudah ngebut, dan tarikannya jadi maknyus. Hanya saja, jika menggunakan model Sport, maka imbasnya baterai akan lebih cepat habis.
Saat melaju di jalan tol Cikampek termasuk tol Layang MBZ, mobil cukup enak dipacu dengan kecepatan sesuai yang dianjurkan pemerintah, maksimal 100 km per jam. Tapi beberapa rekan lain yang menjajal, mobil ini bisa tembus lebih dari 150 km per jam.
Tak ada hal yang diragukan, karena handling ringan, tarikan bisa disesuaikan kebutuhan. Belum lagi performa mobil ini didukung dengan kaki-kaki yang tidak terlalu empuk atau keras. Sehingga saat ngebut, jadi tetap stabil.
Usut punya usut, AION V sudah dibenamkan suspensi depan McPherson Independent dan belakang Torsion Beam Non Independent. Demikian juga velg 19 inci sudah dibalut ban berukuran 225/45.
Demikian juga sistem pengereman V memang pakem dan sangat halus. Hal ini tak lepas dari rem depan menggunakan Ventilated Disc Brake dan belakang Disc Brake.
Dimanjakan Fitur

Mengemudi dengan AION V memang harus ekstra update dalam teknologi. Pasalnya, semua fitur yang disematkan pada mobil ini sangat modern, lantaran diaktifkan melalui layar sentuh yang berukuran 14,6 inci. Karena mobil ini sudah dilengkapi AION Digital Intelligent Gateway and Operation atau ADIGO Technology. Dimana teknologi ini sama seperti ADAS.
Saat berada di balik kemudi, hampir semua fitur dicoba, seperti Rear Collision Warning, yang bisa memberikan peringatan dini terhadap potensi tabrak di bagian belakang kendaraan dan membantu pengemudi untuk mengambil tindakan pencegahan dengan cepat. Lalu,Forward Collision Warning yang bisa memberikan peringatan dini terhadap potensi tabrak di depan kendaraan.
Ada juga piliha moda “Warn” untuk memberikan peringatan visual dan suara, atau moda “Warn+Brake” yang secara otomatis mengaktifkan rem saat diperlukan. Pengaturan jarak deteksi dapat disesuaikan dengan preferensi pengemudi, mulai dari Jauh, Medium, hingga Dekat, sehingga memberikan fleksibilitas dan kenyamanan ekstra saat berkendara.
Mobil ini juga memiliki Brake Assist, yang secara otomatis meningkatkan efektivitas pengereman dalam situasi darurat, memastikan kendaraan berhenti dengan lebih aman dan efisien. Kemudian Lane Keeping Assist, yang berfungsi menjaga kendaraan tetap berada di jalurnya yang memberikan bantuan penting terutama dalam perjalanan panjang atau saat pengemudi kehilangan konsentrasi.
Ada juga Blind Spot Detection, yang secara otomatis memantau titik buta di sekitar kendaraan, membantu pengemudi mengurangi risiko kecelakaan saat berpindah jalur atau menyalip kendaraan lain. Selain itu, ada Door Open Warning yang dapat memberikan peringatan saat pintu kendaraan dibuka sembarangan, terutama ketika ada kendaraan lain yang melintas di sekitar, sehingga potensi kecelakaan dapat diminimalisir.
Fitur keselamatan seperti Rear Cross Traffic Assistant dan Rear Collision Warning hadir pada mobil listrik ini yang dirancang khusus untuk memantau lalu lintas di belakang kendaraan. Tak lupa, mobil ini juga dilengkapi dengan Adaptive Cruise Control, yang bisa menyesuaikan jarak mobil sesuai keinginan agar tetap aman dengan mobil di depan.
Duduk Sebagai Penumpang Tetap Dimanjakan
Kesan duduk sebagai penumpang di mobil AION V ini secara keseluruhan memang cukup menyenangkan. Terlebih pada baris pertama, jok pengemudi dan penumpang sudah dilengkapi Seat Ventilated yang membuat jok bisa terasa sejuk atau hangat.
Tidak sampai disitu, jok di baris depan juga sudah dilengkapi dengan Massage Function, sehingga selama perjalanan pengemudi maupun penumpang bisa merasakan pijatan lembut. Sementara itu, pada baris kedua jarak lutut dengan jok depan memang terasa luas, sehingga kaki bisa bergerak bebas. Termasuk selonjoran ke kolong jok depan.
Namun jika ingin direbahkan rata seperti sofabed juga sangat bisa. Karena jok depan bisa diatur sampaia 137 derajat, dan jok belakang bisa memiliki perbandingan 60/40.
Mobil ini memang cukup memanjakan penumpang, lantaran pada baris ada sebuah meja di baris kedua, yang dilipat pada jok baris depan. Meja lipat ini sangat cocok untuk mereka yang sibuk. Yang tak kalah menarik adalah pengemudi dan penumpang bisa memanfaatkan sejumlah fitur, seperti keberadaan Wireless Charging, Power Outlet 12V, Keyless Entry System, 4 Anti-Pinch Power Window, dan juga AC Dual Zone.
Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi kulkas pintar atau mereka sebut In-Vehicle Refrigerator. Dimana fungsi box di konsol tengah ini bisa dijadikan pemanasan maupun pendinginan. Bahkan kita bisa juga mengatur suhunya. Selain itu, jadi penumpang di mobil ini juga sangat nyaman, karena semua jok sudah dilapisi material soft touch. Oia, interior mobil ini ada tiga pilihan, Black, Black-Brown, dan Black-Beige.
Performa Mesin

Untuk jantung pacu, AION V sudah dilengkapi dengan Motor listrik tipe Permanent Magnet Synchronous Motor diposisikan di bagian depan, menghasilkan tenaga 150 kW (201 Hp) dan torsi puncak 240 Nm. Jika diajak berakselerasi dari 0-100 km/jam, maka bisa dapat dicapai dalam 7,9 detik. Sedangkan untuk kecepatan maksimal bisa 170 km/jam.
Baterai AION V ini bisa diisi dengan sistem DC Charging dari 30-80 persen hanya 16 menit. Yang tak kalah penting, mobil ini diklaim sudah melakukan serangkaian uji ketahanan. Alhasi, baterai tidak akan meledak bahkan terbakar.

Herdi Senior Writer
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.
Merek Mobil Terkenal di Indonesia
Berita Terkini
Hyundai Ioniq 5 Berbalut Motif Batik Kawung, Cuma Disediakan 50 Unit!
Fitur dan Interior Jetour X50e EV Terungkap, Atap Panoramic dan Head Unit Lebar
Modifikasi Audio Denza D9 Pertama di Indonesia, Kualitas Makin Mewah Tanpa Potong Kabel
Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2025 Diprediksi Lebih Meriah, Target Jualan Rp 400 miliar
Kenali Tanda Ban Mobil Wajib Ganti Sebelum Berangkat Mudik Lebaran
Mobil Rekomendasi
- Populer
- Terbaru
-
Toyota Kijang...
Rp 339,60 Juta - Rp 467,00 Juta
-
Toyota Avanza
Rp 189,80 Juta - Rp 295,80 Juta
-
Honda Brio
Rp 167,90 Juta - Rp 253,10 Juta
-
Daihatsu Sigra
Rp 120,65 Juta - Rp 182,60 Juta
-
Toyota Calya
Rp 170,20 Juta - Rp 190,00 Juta
-
Subaru Crosstrek
Rp 549,50 Juta
-
Chery Omoda...
Rp 334,80 Juta - Rp 493,80 Juta
-
Suzuki Grand...
Rp 359,40 Juta - Rp 384,40 Juta
-
Wuling Alvez
Rp 209,00 Juta - Rp 295,00 Juta
-
Subaru WRX...
Rp 975,50 Juta - Rp 1,03 Miliar