
Honda HRV
Adu SUV Kompak Turbo, Jetour Dashing Menang Banyak Ketimbang Honda HR-V RS dan Hyundai Creta N Line

Kehadiran Jetour Dashing di Tanah Air dengan mengisi ceruk SUV kompak turbo 5-seater memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dihadapkan secara langsung dengan Honda HR-V RS Turbo dan Hyundai Creta N Line Turbo, SUV asal Tiongkok ini sanggup menggoda hati mayarakat Indonesia berkat teknologi, fitur, serta harga yang ditawarkan.
Untuk pasar Tanah Air PT Jetour Motor Indonesia (JMI) hadirkan Dashing dalam dua varian, yakni Journey yang dibanderol Rp403.800.000 dan Inspira Rp434.800.000. Bicara mengenai pesaingnya saat ini, HR-V RS Turbo diniagakan Rp551.400.000 dan Creta N Line Turbo Rp507.280.000, yang semuanya merupakan harga untuk wilayah Jakarta.
Mengetahui lebih detail mengenai perbandingan antara ketiganya, simak ulasan di bawah ini.
Baca juga: Mau Beli Jetour Dashing Secara Kredit? Segini Cicilan Setiap Bulannya
Jetour Dashing Lebih Bongsor Ketimbang Rivalnya

Secara dimensi keseluruhan Dashing memiliki panjang 4.590 mm, lebar 1.900 mm, tinggi 1.685 mm dan wheelbase 2.720 mm. Selanjutnya untuk HR-V RS Turbo, di atas kertas panjang mobil ini mencapai 4.385 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.590 mm, dengan jarak sumbu roda 2610.
Mengenai Creta N Line Turbo, panjang mobil ini berada di angka 4.315 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.630 mm, dan wheelbase 2.610 mm. Melihat perbandingan dimensi dari ketiganya, Dashing punya ukuran lebih besar ketimbang pesaingnya. Dengan begitu dari segi keleluasan kabin Dashing lebih besar, sehingga mampu memberikan rasa berkendara lebih nyaman.
Dimensi | |||
---|---|---|---|
Keterangan | Jetour Dashing | Hyundai Creta N Line Turbo | Honda HR-V Turbo RS |
Panjang | 4.590 mm | 4.330 mm | 4.385 mm |
Lebar | 1.900 mm | 1.790 mm | 1.790 mm |
Tinggi | 1.685 mm | 1.630 mm | 1.590 mm |
Wheelbasse | 2.720 mm | 2.610 mm | 2.610 mm |
Ground clearance | 210 mm | 200 mm | 196 mm |
Adu Fitur Unggulan, Lagi-lagi Dashing Lebih Unggul?
Jetour Dashing

Kehadiran Jetour Dashing di kancah otomotif Tanah Air difokuskan untuk menyasar para kaula muda yang membutuhkan sebuah kendaraan SUV 5-seater dengan performa tinggi untuk mendukung aktivitas sehari-hari, maupun berpergian bersama keluarga atau kerabat di akhir pekan.
Secara bentuk mobil ini hadir dengan tampilan coupe sport 3D dan menonjolkan konsep intelligent technology berkat gagang pintu yang dibuat tersembunyi dan sleek. Hadir membawa desain futuristik ala SUV masa kini, pada bagian depan punya desain grill serta lampu yang stylish seklaligus sebagai ikoniknya.
Menyoal sistem pencahayaan, mobil ini sudah dibekali dengan LED projector serta DRL LED. Memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam kondisi tertentu, lampu utama dibekali fitur auto headlight dengan height adjustment.

Selanjutnya untuk varian teratasnya ini, Inspira memperoleh rain sensitive front wiper, forecastle cover, LED welcome laser light, serta panoramic sunroof dengan ultra-wide paling besar di kelasnya yang memiliki besar 75 inci.
Fitur unggulan lain yang ada pada bagian luarnya seperti spion samping dengan pemanas dan pelipatan otomatis yang memudahkan pengguna di beberapa kondisi, dan penggunaan velg 19 inci multi-spoke dual-tone. Pada buritannya mobil ini menyuguhkan kesan sporty dengan penggunaan Signature Checkered LED Tail Lights serta stoplamp yang tipis dan menyudut, dan difusser pada bumper.
Melihat fitur unggulan yang ada di dalam, Dashing dibalut menggunakan material kulit soft touch untuk bagian dalamnya mulai dari jok, door trim hingga dashboard.

Terasa ergonomis, jok baris pertama untuk pengaturannya dilakukan secara elektrik, bahkan jok pada sisi pengemudi dilengkapi fitur pemijat atau lumbar support.
Guna meningkatkan kesan rileks, di dalam juga terdapat multi-color ambient lightings yang warnanya bisa diatur mengikuti keinginan. Dari segi hiburan mobil ini berhasil disematkan head unit 10,25 inci yang mendukung konektivitas Wireless CarPlay dan Android Auto, dengan 6 buah speaker garapan SONY.
Fitur unggulan lainnya di dalam mobil ini menggunakan layar TFT LCD full digital 10,25 inci, Intelligent Voice Control, serta filter AC CN95. Tak ketinggalan sandaran jok pada baris keduanya dapat diseeting mengenai tingkat sudut kemiringan menyesuaikan keinginan maupun kebutuhan penumpang.
Memudahkan penggunanya, juga sudah dilengkapi Paddle Shift, Power Memory Tailgate, sampai dengan wireless fast charging 50 watt.
Honda HR-V RS Turbo

Bicara pesaingnya, menegnai fitur yang ada di bagian luarnya HR-V RS Turbo untuk lampu utamanya menggunakan full LED headlight dengan sequential LED turning signal serta LED fog light. Mengenai lingkar roda, mobil ini diaplikasikan velg 18 inci, kemudian untuk spion dilengkapi pengaturan elektrik serta retractable.
Beda dengan Dashing, untuk bagian atapnya menggunakan panoramic glass roof. Untuk belakang, stoplampnya sudah mengusung teknologi LED, adanya spoiler di bagian atap, defogger, dan dual exhaust pipe finisher, serta hand-free acces power tailgate dengan wlalk-away close.
Untuk fitur di area kabinnya, meter cluster HR-V Turbo RS menggunakan layar interaktif TFT LCD 7 inci yang menampilkan berbagai informasi saat berkendara. Mobil ini joknya dibungkus dengan bahan dasar kulit dan material soft touch di beberapa bagiannya.

Fitur lain pada HR-V RS Turbo yakni One Push Ignition System & Smart Entry System, Tilt and Telescopic, Paddle Shift, Auto A/C, Rear A/C Ventilation, Air Diffusion Outlet dengan 3 mode pengaturan udara, yaitu normal, diffusion dan closed. Kemudian dari segi hiburan dibekali head unit layar sentuh 8 inci yang terintegrasi dengan Bluetooth, radio AM/FM, hands-free telephone, webLink dan smartphone connection.
Ada pula Remote Engine Start, dan Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, dan Top View. Menawarkan kenyamanan bagi setiap pengguna, mobil ini turut dilengkapi Front & Driver USB Port, Dual Rear USB Port, Vanity Mirror Lamp, Electrostatic Touch LED Map Light yang berfungsi untuk menyalakan lampu dengan gestur tangan tanpa sentuhan tangan, Rear Armrest with Cupholder, dan Seatback Pocket.
Hyundai Creta N Line Turbo

Hyundai Creta N Line Turbo untuk eksterior mobil ini lampu depannya menggunakan LED MFR yang diletakan di bumper serta DRL LED.
Seperti HR-V RS Turbo, untuk lingkar roda diaplikasikan velg 18 inci Diamond Cut two-tone, kemudian pengaturan spion electric termasuk retractable. Seperti Jetour Dashing, bagian atapnya mobil ini dilengkapi panoramic sunroof meski secara ukuran tidak lebih besar.
Berikutnya di belakang untuk stoplamp dipadukan teknologi LED, high mount stoplamp, defogger, wiper belakang, serta spoiler dan double muffler. Beranjak ke sisi dalam, terlihat mobil ini dilengkapi jok dengan ventilasi di baris depan serta wireless charger yang memudahkan penggunanya ketika ingin melakukan pengisian daya handphone.
Pada jok pengemudi sudah dilengkapi pengaturan elektrik yang memudahkan penggunannya ketika ingin mendapatkan posisi duduk menyesuaikan akan kebutuhan.
Dari segi hiburan mobil ini diaplikasikan head unit layar sentuh 10,25 inci dengan format AM/FM Radio, Bluetooth Connection dan Smartphone Connectivity. Head unitnya dipadukan premium sound system garapan BOSE sebanyak 8 buah.

Tepat di samping head untinya terdapat layar TFT LCD Cluster 10,25 inci dengan menampilkan berbagai informasi berkendara secara informatif. Mobil ini juga mendapatkan Full Automatic Temperature Control (FATC) dengan Auto Ventilation, air purifier, power outlet – 12V 180W, Electronic Parking Brake (EPB) with Auto Hold, tilt&telescopic steering wheel lengkap dengan tombol pengaturan fitur di setir, power tailgate, ambient lighting, drive traction dan Hyundai Bluelink Connected Car Service.
Di baris keduanya terdapat ventilasi udara dengan tombol pengaturan individu dengan pengendalian layar sentuh yang diletakan di atas arm rest baris pertama. Untuk bagasi belakang membuka dan menutup pintunya dilakukan secara otomatis hanya dengan menekan tombol.
Baca juga: Perbandingan Harga Antara Hyundai Creta Facelift 2025, Honda HR-V, sampai Chery Omoda 5
Fitur Keselamatan Dashing Lebih Lengkap
Jetour Dashing

Dari sisi keselamatan Jetour Dashing Inspira mendapatkan ABS, EBD, EBA brake assist system, TCS (Traction Contol System), ESC (Electric Stability Control), HHC, HDC RMI anti-roolover control system, DBF dynamic parking system, Door Open Warning, TPMS (Tire Pressure Monitoring System), cruise control, 4 sensor parkir, isofix, immobilizer serta alarm system.
Guna memberikan perlindungan secara lebih, mobil ini memperoleh 6 airbags. Tidak dimiliki para pesaingnya, mobil ini mendapatkan kamera panoramic 540 derajat, 360 panoramic parking assist dan 180 transparent territory.
Tak ketinggalan pabrikan melengkapinya dengan ADAS (Advanced Driver Assistance System) bagian dari Lateral Collision Warning yang mencakup;
- BSD (Blind Spot Detection)
- DOW (Door Open Warning)
- LCW (Lane Change Collision Warning)
- RCTA (Rear Cross Traffic Alert)
Honda HR-V RS Turbo

Mengetahui fitu keselamatan yang ada pada Honda HR-V Turbo RS, mobil ini didukung dengan ABS, EBD dan BA. Termasuk juga Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), Vehicle Stability Assist (VSA), Electric Parking Brake (EPB), Auto Brake Hold (ABH), Emergency Stop Signal (ESS), parking sensor dan kamera 360 derajat.
Untuk mengurangi cedera saat mengalami benturan, tipe RS memperoleh 6 airbags guna memberikan perlindungan lebih baik terhadap penggunanya. Selain itu juga mobil ini memiliki ADAS yang dinamakan Honda SENSING dengan mencakup;
- Collision Mitigation Braking System (CMBS)
- Lane Keeping Assist System (LKAS)
- Road Departure Mitigation System (RDM)
- Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow
- Lead Car Departure Notification System (LCDN)
- Auto-High Beam
Hyundai Creta N Line Turbo

Guna memastikan keselamatan dan kenyamanan bagi setiap penggunanya, Creta N Line Turbo dibekali fitur berupa rem cakram di semua roda dengan Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Stability Control (ESC).
Selain itu juga terdapat Hill-Start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal (ESS), Vehicle Stability Management (VSM), Driver and Front Passenger Airbags, Front Side (thorax) dan Curtain Airbags, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), parking sensor dan kamera 360 derajat.
Memberikan rasa berkendara yang lebih optimal, mobil ini didukung dengan fitur keselamatan ADAS yang dinamai Hyundai SmartSense. Berikut adalah Hyundai SmartSense yang terdapat pada mobil ini.
- Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCA)
- Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA)
- Lane Keeping Assist (LKA)
- Smart Cruise Control (SCC) with stop and go
- Surround View Monitor (SVM)
- Blind-spot VIew Monitor BVM
Sama-sama 1.5L Turbo, Siapa yang Paling Unggul?

Jetour Dashing dibekali mesin 1.5 TCI Turbocharger 4-silinder segaris berkapasitas 1.498 cc, yang di atas kertas menghasilkan tenaga sebesar 156 PS di 5.500 rpm dan torsi 230 Nm pada 1.750-4.000 rpm. Mesin yang digunakan dipadukan transmisi DCT 6-percepatan yang selanjutnya diteruskan ke roda depan untuk membuatnya berjalan.
Dengan mesin dan transmisi tersebut Dashing dapat melesat dari kondisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam 10,5 detik, dengan kecepatan maksimal 180 km/jam.
Lantas bagaimana dengan pesaingnya? Pada Hyundai Creta N Line Turbo, mobil ini dipersenjatai mesin Smartstream G1,5 GDI berkapasitas 1.482 cc 4-silinder segaris turbocharger dengan menghasilkan tenaga sebesar 160 PS di 5.500 rpm dan torsi 253 Nm pada 3.500 rpm.
Mesinnya dipadukan transmisi DCT 7-percepatan dengan paddle shift di balik lingkar kemudinya.
Kemudian pada Honda HR-V Turbo RS, mobil ini dibenamkan mesin L15C1 1.498 cc DOHC 4-silinder segaris, Turbocharger, 16 Katup VTEC + DBW PGM-FI yang sanggup meletupkan tenaga 177 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm.
Tidak seperti kedua pesaingnya, HR-V Turbo RS dipadukan transmisi CVT serta paddle shift di balik lingkar kemudinya.
Mesin | |||
---|---|---|---|
Keterangan | Jetour Dashing | Hyundai Creta N Line Turbo | Honda HR-V Turbo RS |
Tipe mesin | 1.5 TCI Turbocharger | Smartstream G1,5 GDI Turbocharger | L15C1 Turbocharger |
Konfigurasi | 4-silinder segaris | 4-silinder segaris DOHC | 4-silinder segaris DOHC + DBW PGM-FI |
Kapasitas | 1.498 cc | 1.482 cc | 1.498 cc |
Tenaga | 156 PS @5.500 RPM | 160 PS @5.500 RPM | 177 PS @6.000 RPM |
Torsi | 230 Nm @1.750-4.000 RPM | 253 Nm @3.500 RPM | 240 Nm @1.700-4.500 RPM |
Transmisi | DCT 6-percepatan+paddle shift | DCT 7-percepatan+paddle shift | CVT+paddle shift |
Suspensi depan |
McPherson
|
McPherson
|
McPherson
|
Suspensi belakang |
Multi-link
|
Torsion Beam
|
Torsion Beam
|
Kesimpulan
Paling murah di kelasnya, menurut perbandingan berdasarkan data yang diperoleh, mulai dari dimensi, fitur unggulan dan keselamatan, Jetour Dashing lebih unggul dibandingkan kedua pesaingnya. Untuk performa memang Dashing bukan yang paling besar di kelasnya untuk sebuah SUV kompak turbo.
Namun begitu mobil ini memiliki keunggulan dari segi transmisi seperti Creta N Line Turbo, yang menggunakan jenis DCT guna memberikan gaya berkendara lebih fun-to-drive.
Baca juga: 4 Hal Penting yang Wajib Diketahui Saat Mengemudi Jetour Dashing

Enda Senior Writer
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.
Merek Mobil Terkenal di Indonesia
Berita Terkini
Hyundai Ioniq 5 Berbalut Motif Batik Kawung, Cuma Disediakan 50 Unit!
Fitur dan Interior Jetour X50e EV Terungkap, Atap Panoramic dan Head Unit Lebar
Modifikasi Audio Denza D9 Pertama di Indonesia, Kualitas Makin Mewah Tanpa Potong Kabel
Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2025 Diprediksi Lebih Meriah, Target Jualan Rp 400 miliar
Kenali Tanda Ban Mobil Wajib Ganti Sebelum Berangkat Mudik Lebaran
Mobil Rekomendasi
- Populer
- Terbaru
-
Toyota Kijang...
Rp 339,60 Juta - Rp 467,00 Juta
-
Toyota Avanza
Rp 189,80 Juta - Rp 295,80 Juta
-
Honda Brio
Rp 167,90 Juta - Rp 253,10 Juta
-
Daihatsu Sigra
Rp 120,65 Juta - Rp 182,60 Juta
-
Toyota Calya
Rp 170,20 Juta - Rp 190,00 Juta
-
Subaru Crosstrek
Rp 549,50 Juta
-
Chery Omoda...
Rp 334,80 Juta - Rp 493,80 Juta
-
Suzuki Grand...
Rp 359,40 Juta - Rp 384,40 Juta
-
Wuling Alvez
Rp 209,00 Juta - Rp 295,00 Juta
-
Subaru WRX...
Rp 975,50 Juta - Rp 1,03 Miliar